Friday, July 1, 2011

Pelatihan Iman | Faith Training

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 21-22

Jika kita perhatikan perjalanan bangsa Israel, kita dapat melihat bahwa semenjak mereka menolak untuk masuk dan menduduki tanah Kanaan karena mereka takut akan orang-orangnya, Tuhan mulai melatih Israel dalam berperang mulai dari yang kecil dan terus makin lama makin besar. Tuhan tahu bahwa Israel kurang iman dan mereka perlu untuk dibawa iman dan kepercayaannya kepada Tuhan naik ke level di mana mereka siap untuk menduduki tanah Kanaan. Oleh sebab itu Tuhan mengijinkan dan mengatur sedemikian rupa sehingga mereka mulai berperang setelah mereka menolak untuk menduduki tanah Kanaan. Dengan Tuhan membawa Israel untuk berperang secara kecil-kecilan dan makin lama makin besar, Tuhan menunjukkan kepada Israel bahwa bersama Tuhan, mereka tidak perlu takut, bahwa Tuhanlah yang berperang bagi mereka. Dan karena Israel telah melihat apa yang dapat Tuhan lakukan dan bahwa Tuhan beserta dengan mereka, maka iman mereka pasti makin bertambah. Tetapi bayangkan apa yang akan terjadi bila mereka taat, setia dan percaya kepada pimpinan Tuhan saat di tanah Kanaan? Bukankah mereka akan melihat suatu mujizat dan pekerjaan tangan Tuhan yang lebih kuat lagi? Hal ini seperti yang Yesus katakan, " Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya." (Yohanes 20:29). Sesungguhnya, bila Israel yang belum melihat pekerjaan tangan Tuhan dalam memimpin mereka berperang, percaya dan maju untuk berperang untuk menduduki tanah Kanaan, tentunya mereka akan mengalami mujizat yang jauh lebih besar, dan tentunya itu akan menjadi suatu kesaksian yang luar biasa turun temurun . Tetapi Israel adalah bangsa yang perlu untuk melihat dahulu baru percaya.

Sekarang biarlah kita tilik dan periksa hati dan kehidupan kita. Yang manakah kita? Apakah kita dapat percaya kepada Tuhan akan hal-hal yang Ia janjikan tanpa melihat dulu? Ataukah kita perlu untuk di bawa melewati semacam "tester" agar iman kita dipicu? Tentunya bila kita benar-benar percaya dan beriman bahwa Tuhan sanggup dan dapat, kita akan melihat kemuliaan-Nya yang lebih besar, sebab sesuai dengan ukuran iman kita, kita akan di ukur. Tetapi juga jangan kita kecil hati karena kita perlu untuk melihat dahulu sebelum percaya, sebab setiap orang berbeda-beda dan Tuhan mengetahui hal itu. Oleh karena itu Tuhan akan melatih kita seperti Ia melatih Israel. Ia akan membawa iman kita dari satu level ke level yang lebih tinggi melalui kejadian-kejadian di dalam hidup kita.

Yang perlu kita terus lakukan adalah agar kita terus percaya, beriman dan tidak mempertanyakan ataupun ragu akan perintah dan Firman Tuhan. Agar kita dapat terus hidup setiap harinya dipimpin dan melihat pekerjaan tangan Tuhan.


English:

Bible Reading: Numbers 21-22

If we look deeper into the journey of Israelites, we can see that since they disobeyed the Lord to enter and overcome the land of Canaan because they were afraid of the people, the Lord starts to train them in wars starting from a small one and moving on to bigger ones. The Lord knows that the Israelites lacks faith and that their faith and believe need to be brought up to a level where they will be ready to take over the land of Canaan. That's why the Lord allowed and have planned so that they start to experience warfare after they disobeyed to take over Canaan. By bringing Israel to go to war from small ones, the Lord is showing Israelites that the the Lord is with them, that they do not need to be afraid and that the Lord is the one who fights for them. And because the Israelites have seen what the Lord can do and that the Lord is with them, their faith increased. But imagine what will happen if they obeyed, faithful and believed on the Lord to take over Canaan? Wouldn't they will be able to see greater miracle and the work of the Lord? This is like what Jesus said, "Becausae you have seen Me, you have believed. Blessed are those who have not seen yet have believed." (John 20:29). Truly, if Israelites who have not seen the work of the hands of the Lord inleading them in war, believed and go forward to take over Canaan, they will surely experience a greater miracles and it will definitely become a great testimony throughout the generations. However, Israelites is a nation who needs to see then believe.

Now, let us look and check our hearts and lives. Which one are we? Can we believe in the Lord upon things He has promised without seeing it first? Or do we need to go through some kind of a "tester" so that our faith is ignited? Of course if we really believe and have faith that the Lord is able, we will see His glory even more, because according to our faith we are measured. But also do not lose heart if we need to see first before believing, because everyone is different and the Lord knows. That is why the Lord will train our faith as He trained the Israelites. He will bring our faith from one level to another higher level through the things in our lives.

What we need to keep on doing is to keep on believing, having faith and do not question or doubt the commands and Word of God. So that we can always be led everyday and live everyday to see the work of His hands.

No comments:

Post a Comment