Wednesday, July 27, 2011

Belas Kasihan | Mercy

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ulangan 23-24

Tuhan mengajarkan kepada Israel untuk memiliki belas kasihan kepada mereka yang membutuhkan, yakni anak yatim dan janda dan juga kepada mereka yang miskin. Dari soal peminjaman uang, lalu kepada penuaian gandum dan anggur. Jika ada yang lupa di bawa, Tuhan berkata bahwa itu bagian milik mereka yang miskin, yakni janda dan anak yatim. Dengan begitu, Israel sellalu ingat bahwa mereka juga dapat memiliki hidup berlimpah karena Tuhan, sebab dulunya mereka adalah budak di Mesir. Dan tentunya semua ini agar mereka tidak hanya memiliki belas kasihan, tetapi juga agar mereka tidak sombong akan apa yang Tuhan telah berikan kepada mereka sebagai berkat.

Begitu juga perlu kita perhatikan hidup kita. Perlu kita sadari bahwa apa yang kita miliki adalah dari Tuhan. Terkadang, seperti orang Israel yang dapat lupa akan salah satu berkas gandumnya di ladang, begitu juga mungkin Tuhan ijinkan kita untuk melalui hal yang serupa agar apa yang kita miliki menjadi berkat bagi orang lain. Tetapi bila tidakpun, kita perlu untuk memiliki belas kasihan terhadap mereka yang membutuhkan. Berkat yang terutama adalah kehidupan kekal yang kita miliki oleh karena darah Yesus Kristus. Oleh sebab itu, biarlah kita memiliki belas kasihan kepada orang-orang yang membutuhkan. Bukan hanya mereka membutuhkan uang, dana ataupun bantuan dalam hal apapun, tetapi juga mereka yang membutuhkan keselamatan. Biarlah kita tidak menyimpan keselamatan itu untuk diri kita sendiri, tetapi biarlah kita berikan dan bagikan kepada mereka yang membutuhkannya.


English:

Bible Reading: Deuteronomy 23-24

The Lord taught Israelites to have mercy to those who are in need, which are the orphans and the widows and also to those who are poor. From about lending money, to about harvesting the wheat and grapes. If there are some who forgot about a sheaf that's gathered, the Lord said that it is for those who are poor which are widows and orphans. That way, the Israelites always remember that they can also have a good life because of the Lord, because they were all slaves in Egypt previously. And of course so that they do not only have mercy, but for them to also not be boastful on what the Lord had blessed them with.

The same thing applies to our lives. We need to realise that what we have is from the Lord. Sometimes, just like the Israelites who forgot about a sheaf of their harvest, the same way maybe God allows us to go through the same things so that what we have can be a blessing to others. But even if that doesn't happen, we need to have mercy upon those who needs it. The most important blessing is the eternal life that we have because of the blood of Jesus Christ. Therefore let us have mercy upon those who are in need. Not just those who need money, funds, or other help, but also those who needs salvation. Let us not keep that salvation for ourselves, but let us give share it to those who needs it.

No comments:

Post a Comment