Saturday, July 9, 2011

Rendah Hati | Humility

Indo:

Pembacaan Alkitab: Markus 9

Seringkali kita berlaku sama seperti murid-murid Yesus yang membahas akan siapa yang terbesar di antara mereka. Kadang kita berpikir atau membahaskan siapa yang terbesar dari para pelayan Tuhan yang masuk ke TV atau memimpim KKR yang penuh dengan berjuta-juta orang atau mereka yang ternama. Terkadang kita juga membahaskannya atau memikirkannya antar kita di dalam satu pelayanan, apakah yang berkhotbah lebih besar, atau yang memimpin pujian, atau yang terlihat di depan saja dan sebagainya. Tetapi hanya satu kebenaran yang Tuhan Yesus berikan sebagai jawaban, yaitu: "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya." Dan Yesuspun mengatakan bahwa yang lebih terpenting adalah kita menyambut Tuhan, yakni melayani Tuhan dan bukan mencari kemuliaan. Ingatlah bahwa setiap dari kita juga adalah pelayan Tuhan.

Banyak dari orang percaya yang sudah lama melayani Tuhan di depan panggung mengalami kejatuhan karena mereka akhirnya mengejar nama dan kehormatan dan bukan melayani. Dengan Tuhan mengajarkan kita bahwa kita perlu melayani semua orang adalah cara untuk mengajarkan pada kita untuk selalu rendah hati, tetapi juga agar kita tidak hilang fokus. Sebab kita hidup bukan untuk meraih kehormatan, tetapi untuk keselamatan yang Yesus telah berikan dan untuk melaksanakan tugas-Nya, yaitu untuk membagikan keselamatan itu kepada semua umat manusia.

Jadi, marilah kita tidak memikirkan siapa yang terbesar atau bagaimana kita dapat menjadi ternama, tetapi biarlah kita fokus akan melayani Tuhan dan umat-Nya, fokus untuk membawa keselamatan kepada bangsa-bangsa. Marilah kita selalu rendah hati dan buanglah kesombongan dan tinggi hati, sebab mereka yang meninggikan diri akan direndahkan dan mereka yang direndahkan akan ditinggikan.


English:

Bible Reading: Mark 9

Many times we act the same way as the disciples who discussed about who is greater amongst them. Sometimes we think or discuss about who is greater among the servants of God who's in TV or who leads millions of people in revival meetings or those who are well-known. Sometimes, we also discuss or think about this amongst our own team, is the one preaching greater, is the one leading worship is greater, is the one who's on stage is greater and etc. But there is only one truth that the Lord Jesus gave as an answer, that is: "If anyone desires to be first, he shall be the last of all and servant of all." Jesus also said that the most important is that we receives the Lord, that is serving the Lord and not to seek glory. Remember that each and everyone of us are also servants of the Lord.

Many believers who has served the Lord on the stage for a long time goes through a fall where in the end they are trying to reach glory and honour and not to serve. The Lord taught us to be servant of all so that we may also be taught to have humility and also not to lose focus. Because we live not to reach honour or glory but for salvation that Jesus gave and to do His will to share the salvation to all mankind.

So, let us not think about who's the greatest or how we can be famous, but let us focus on serving the Lord and His people, focus to bring salvation to nations. Let us always be humble and throw away all boastfulness and pride, because those who exalts himself will be humbled and those who humble themselves will be exalted.

No comments:

Post a Comment