Thursday, July 21, 2011

Peringatan Tuhan | Warning of God

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ulangan 13-14

Tuhan sudah dari dulu memeringati Israel akan nabi-nabi palsu dan juga orang-orang yang dapat melakukan mujizat tetapi mengajak mereka untuk beribadah kepada allah lain dan bukan kepada Tuhan. Tuhan juga mengingatkan Israel akan apa yang haram dan apa yang boleh di makan dari segala binatang yang ada. Tentunya semua ini diberikan Tuhan untuk menjaga kehidupan Israel agar mereka dapat tetap hidup di dalam kebenaran Tuhan dan tetap berpegang teguh kepada Firman dan perintah-Nya.

Begitu juga dengan kita. Peringatan Tuhan akan nabi-nabi palsu di ulang kembali di jaman Yesus dan sekarang kita dapat melihat makin banyak yang menentang Tuhan Yesus Kristus. Oleh sebab itu marilah kita berjaga-jaga dan biarlah kita kuat di dalam fondasi kita kepada Tuhan dalam iman dan kepercayaan kita. Biarlah kita renungkan dan selalu isi kehidupan kita dengan Fiman Tuhan sehingga iman kita tumbuh kuat. Tentang makanan yang haram dan tidak haram, kita tahu bahwa Yesus telah datang untuk menyempurnakan perjanjian yang lama dan bukan untuk menghapuskan dan melalui darah-Nya segala makanan yang dapat ktia makan telah disucikan-Nya. Sebab Yesus sendiri berkata bahwa bukan yang masuk ke dalam mulut kita yang haram, tetapi apa yang keluar dari hati dan mulut kita. Oleh sebab itu, aplikasi dari kehidupan kita akan makanan yang haram bukan hanya untuk jasmani kita saja, tetapi ini mencakup jiwa dan roh kita. Tuhan ingin agar kita berjaga-jaga akan segala aktivitas yang ada di dunia ini yang kita lakukan, lihat, dengar dan pikirkan, sebab itu semua memberi makan tubuh, jiwa dan roh kita. Walaupun semuanya dapat kita lakukan, tetapi tidak semuanya itu berguna bagi kehidupan kita. Tidak semua makanan baik untuk tubuh kita, oleh sebab itu ada baiknya kita menjaga apa yang kita makan. Tidak semua hal yang kita lakukan, tonton atau dengar itu baik bagi jiwa dan roh kita. Ada yang membuat kita mudah marah, ada yang membuat kita menjadi rendah diri, ada yang membuat kita menjadi benci, ada yang membuat kita menjadi tercandu dan menyenangkan fantasi kita dan sebagainya. Karena itu, marilah kita perhatikan akan hal-hal yang kita lakukan, lihat, dengar dan pikirkan, yakni makanan yang kita berikan kepada tubuh, jiwa dan roh kita.

Biarlah kita hidup dengan penuh kewaspadaan akan hal-hal yang ada di dunia ini dan janganlah kita hanya mengikuti arus dunia, tetapi biarlah kita berdiri tegak di dalam kebenaran Tuhan dan berakar kuat di dalam-Nya.


English:

Bible Reading: Deuteronomy 13-14

The Lord has warned the Israelites about false prophets from long time ago and also about people who can do miracles and ask them to worship idols and not to the Lord. The Lord also warned Israelites on what is clean and unclean to eat from all the animals. Of course all of these are given by the Lord to take care of their lives so that they may live in the truth of God and holding on to His Words and commands.

The same thing applies to us. The warning of the Lord of false prophets are repeated in Jesus' time and now we can see that there are increasing numbers of those who opposes the Lord Jesus Christ. Therefore, let us be aware and let us be strong in our foundation to the Lord in faith and trust. Let us meditate and always fill our lives with the Word of God so our faith may grow strong. With regard to the unclean and clean food, we know that Jesus has come to made the old covenant perfect and not to erase it and through His blood all food that can be eaten are sanctified. Because Jesus Himself says that it is not what enters our mouth that is unclean but it is what comes out from the heart and the mouth. Therefore, the application to our lives of these unclean foods are not just to physical bodies but also to our souls and spirits.The Lord wants us to take care of all the activities that is available in the world that we do, see, listen to and think about, because all of that is like giving food to our bodies, souls and spirits. Even though we can do all of it, but not all of it is useful or beneficial to our lives. Not all food is good for our bodies, therefore it is good to be careful of what we eat. Not all things that we do, watch, listen to are good for our souls and spirits. There are things that raises our anger, things that makes us have low self esteem, things that makes us hate, things that makes us addicted and things that feeds on our fantasies etc. Therefore, let us be wary of the things that we do, see, listen to and think about, that is the food that we give to our bodies, souls and spirits.

Let us live with full awareness on the things of the world and do not just follow the flow of the world, but let us stand firm in the truth of the Lord and to be strongly rooted in Him.

No comments:

Post a Comment