Monday, July 25, 2011

Pengaruh | Influence

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ulangan 19-20

Tuhan tahu benar akan sifat dan tindak laku kita yang seringkali condong untuk terbawa oleh orang-orang di sekitar kita. Tuhan tahu bahwa orang-orang, perbuatan-perbuatan yang ada di sekitar kita mempengaruhi hidup kita. Oleh sebab itu Tuhan memerintahkan agar orang Israel menghabiskan semua orang yang berlaku jahat di mata Tuhan, dan juga untuk menghabiskan orang-orang dari tanah yang akan mereka duduki, yang menyembah berhala dan allah-allah lain. Tuhan bahkan menyuruh mereka yang hatinya lemah dan takut untuk tidak ikut berperang agar mereka tidak mempengaruhi tentara-tentara lainnya. Tuhan lakukan semua ini agar Israel tidak terkontaminasi oleh segala hal yang jahat dan buruk dan yang menentang Firman Tuhan.

Kita juga mengalami hal yang sama, yaitu mudah terpengaruhi oleh sekitar kita. Setiap dari kita memiliki sifat, kesukaan dan karakter yang berbeda dan hal-hal yang berbeda pula yang mudah mempengaruhi kita. Ada yang lebih mudah terpengaruh oleh berita di tv, ada juga yang lebih terpengaruh oleh perkataan dokter atau para ahli, ada juga yang leibh terpengaruh oleh teman-teman dan sebagainya. Yang perlu kita lakukan adalah berjaga-jaga agar kita tidak terpengaruhi oleh hal-hal yang buruk. Oleh sebab itu, biarlah kita jauhkan segala pengaruh buruk yang ada di dalam kehidupan kita, sehingga kita tidak ikut terbawa melakukan hal yang jahat.

Marilah kita periksa hidup kita dan carilah apa yang mudah mempengaruhi kita dan biarlah kita mencari pengaruh yang baik dan bukan yang buruk, sehingga kita makin dekat dengan Tuhan dan bukan makin jauh.


English:

Bible Reading: Deuteronomy 19-20

The Lord knows of our attitude, actions that many times, tend to follow others around us. The Lord knows that people and deeds that are around us affects our lives. That is why the Lord commande the Israelites to get rid of all those who did evil in the eyes of the Lord, and to get rid of all the people from the land they subdue, who worships idols and other gods. The Lord even tell those who are weak and afraid at heart to go home and not to join the war so as not to affect the others. The Lord did all of these so that the Israelites will not be contaminated by all the evil things and things that is against the Word of God.

We also experience the same things, that is easily influenced by our surroundings. Each of us has different attitudes, likes and characters and we each have different things that influenced us. Some are more easily influenced by news in the tv, some by the words of doctors or other experts, some by friends and etc. What we need to do is to keep watch so that we will not be influenced by the evil things. Therefore, let us get rid of all the bad influence in our lives so that we would not be brought to do the same evil things.

Let us introspect ourselves and find the things that influences us easily and let us look for good influences and not the bad ones, so that we can draw closer to the Lord and not drifting away.

No comments:

Post a Comment