Tuesday, July 19, 2011

Berpegang Pada Firman Tuhan | Holding On To The Word Of God

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ulangan 10-12

Tuhan memerintahkan agar kita berpegang teguh akan Firman-Nya dan segala perintah-Nya. Tetapi bagaimanakah ktia dapat lakukan hal ini di dalam kehidupan kita yang begitu penuh dengan kekhawatiran dunia, krisis ekonomi, bencana alam di mana-mana dan sebagainya? Jika kita membaca Alkitab dengan seksama, Tuhan selalu memberikan kepada kita jalan keluar, Ia tidak hanya menegur, tetapi Ia selalu mengajar akan apa yang perlu kita lakukan agar kita dapat hidup benar.

Dalam hal ini, Tuhan ingin agar kita tidak menyimpang dari Tuhan dan berlari dan beribadah kepada allah-allah lain. Hal ini tidak hanya kepada patung-patung dan dewa-dewa yang disembah di dunia ini, tetapi juga segala yang kita kejar melebihi dari kita mengejar Tuhan. Jadi, ini mencakup hal-hal seperti karir, uang, posisi, kehormatan, ketenaran, kekayaan, kesenangan, makanan dan sebagainya. Marilah kita perhatikan setiap langkah kita dan mulailah kita mawas diri bila kita mulai lebih mengejar hal-hal yang disebut tadi melebihi dari kita mengejar Tuhan.

Tuhan juga ajarkan agar kita selalu menaruh perkataan-Nya, yakni Firman-Nya di dalam hati, jiwa dan untuk memeringati kita akan Firman Tuhan, biar kita memiliki tanda dan juga membicarakannya terhadap satu dan yang lain. Jadi, ketika kita membaca Firman, kita tidak hanya membacanya seperti membaca koran atau majalah yang sekedar lewat saja. Tetapi biarlah kita menghayatinya, merenungkannya siang dan malam dan juga memperkatakannya sehingga itu melekat di hati dan di jiwa kita. Kita dapat berbagi kepada sesama saudara seiman kita, kepada anak-anak kita, kepada pasangan kita dan sebagainya. Yang terpenting adalah untuk kita tidak hanya tinggal diam ketika kita mendapatkan Firman, tetapi kita perlu untuk melakukannya, memperkatakannya, merenungkannya sehingga itu melekat di hati, jiwa dan kehidupan kita.

Jadi, marilah kita berpegang teguh akan Firman dan perintah-perintah-Nya sehingga kita makin mengenal Tuhan kita dan kita dapat hidup di dalam kebenaran-Nya.


English:

Bible Reading: Deuteronomy 10-12

The Lord commanded that we should hold on firmly to the Word of God and all His commands. But how do we do this in the midst of our lives that is full of the worries of the world, economic crisis, natural disasters everywhere etc? If we read the Bible carefully, the Lord always gives us a way out, He do not just rebuke, but He always teaches us on what we need to do so that we may live righteously.

In this case, the Lord wants us so that we do not sway away from the Lord and run towards and worship idols. Idols are not just sculptures or other gods who are worshiped in this world, but it is also things that we pursue more than we pursue the Lord. So, this includes things like career, money, position, glory, fame, fortune, delights, foods etc. Let us look at our daily steps carefully and let us introspect ourselves when we start to pursue the things mentioned above more than we pursue the Lord.

The Lord also teaches us to always put His Words, that is the Word of God in our hearts, minds and to remind us always of His Word, let us have signs and also talk about it with one another. So, when we read the Word of God, we do not just read it as we read newspapers or magazine where it just kind of went through our heads. But, let us take heart, meditate on it day and night and also speak of it so that it stays in our hearts and souls. We can share to our brothers and sisters in Christ, our children, our partner etc. The most important is to not just stay still when we receive the Word of God, but we need to do it, speak it, and meditate on it, so that it sticks in our hearts, souls and our lives.

Therefore, let us hold on to the Word of God and His commands sot hat we may know the Lord better and we can live in His righteousness.

No comments:

Post a Comment