Wednesday, July 20, 2011

Hukum Yang Terutama | The Greatest Commandment

Indo:

Pembacaan Alkitab: Markus 12

Tuhan mengajarkan akan hukum yang terutama dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, yakni untuk kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan kita dan yang kedua adalah untuk mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri. Tuhan mengingatkan kita akan hal ini sebab seringkali dengan berselangnya waktu, kita, orang-orang percaya, menjadi terlalu sibuk akan pelayanan-pelayanan, persembahan-persembahan kita dan lupa akan hal yang terutama ini. Kita sering jadi terlalu mementingkan pelayanan daripada kebenaran dan Tuhan sendiri. Oleh karena itu marilah kita selalu jaga hati dan introspeksi diri kita setiap hari.

Sebab walaupun terlihat mudah, yakni hanya 2 hal yang patut kita utamakan, ke-2 hal ini mencakup seluruh kehidupan kita dan seluruh kebenaran Tuhan. Misalnya, bila kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatan kita, maka kita akan melakukan segalanya yang kita dapat untuk menyenangkan hati-Nya. Salah satu cara untuk menyenangkan hati Tuhan adalah untuk melakukan kehendak-Nya, yakni untuk menjadikan semua bangsa murid Tuhan. Dengan begitu, bila kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, maka kita akan ingin untuk menginjil kepada semua orang tanpa pilih-memilih, kita akan tidakmerasa jijik akan orang-orang tetapi hanya kepada dosa-dosanya. Bila kita sungguh-sungguh mengasihi-Nya, maka kita juga akan membuang segala kesombongan dan segala keegoisan kita sehingga kita hidup benar-benar hanya untuk Tuhan. Bagi hukum yang kedua, bila kita mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri, maka akan ada keharmonisan dalam hidup kita dengan tetangga dan sekitar kita. Tidak akan ada iri hati, tidak akan ada kebencian, kepahitan, kesombongan, keegoisan dan sebagainya, karena kita akan mendahulukan kepentingan orang lain dan kita akan memperlakukan mereka seperti kita memperlakukan diri kita sendiri, yakni dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Dan masih banyak contoh lainnya.

Dari hal-hal yang disebut di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya segala kejahatan di dunia ini ditimbulkan dari pemberontakan kita akan Firman Tuhan dan juga karena kita belum mengerti Firman Tuhan. Oleh sebab itu, marilah kita cocokkan hidup kita setiap harinya dengan ke-2 hukum ini, sehinnga kita pun hidup menyenangkan Tuhan dan memenuhi kerinduan-Nya agar semua orang dapat diselamatkan dan dapat hidup dalam kebenaran. Biarlah kita periksa hidup kita setiap hari dengan Firman Tuhan ini dan ubah apa yang perlu di ubah dan biar kita berjalan setiap hari dengan berlandaskan kasih dan iman terhadap Tuhan Yesus Kristus dan kasih terhadap sesama kita.


English:

Bible Reading: Mark 12

The Lord taught that the first commandment for us as believers are to love the Lord with all of our hearts, souls, minds and strengths and the second is to love our neighbour as we love ourselves. The Lord reminds us of these because many times, with the passing of time, we as believers tend to become very busy with ministries and offerings that we forget about this. We often put ministries ahead of the truth and the Lord Himself. Therefore, let us always guard our hearts and introspect ourselves every day.

Even though it might seems easy, that is only 2 things which we have to put above all others, however, these 2 things covers all aspect of our lives and the truth of the Lord. For example, if we really love the Lord with all of our hearts, souls, minds and strengths, then we will do all that we can to please His heart. One of the ways we can please the Lord is by doing His Will, that is to make all nations His disciples. That way, if we truly love the Lord, then we would want to evangelise to everyone without favouritism, we wopn't feel disgusted by the people but only to the sins. If we truly love Him, then we will also throw away all pride, boastfulness, and selfishness so that we really live only for the Lord. For the second commandment, if we love our neighbours as we love ourselves, then there will be harmony in this life with the people surrounding us. There will be no jealousy, no hatred, bitterness, pride, boastfulness, selfishness etc, because we are putting others before ourselves and we will treat them as we would treat ourselves, that is with love and care. And there are many other examples.

From all the things mentioned above, we can see that the wickedness of the world is initiated by our rebellion towards the Word of God and also because we have not understood the Word of God. Therefore, let us align our lives everyday with these 2 commandments, so that our lives will please the Lord and fulfill His desires for everyone to be saved and able to live in the truth. Let us check ourselves everyday with this Word of God and change what needs to be changed and let us walk every day with faith and love towards the Lord Jesus Christ and love towards our neighbours as our foundation.

No comments:

Post a Comment