Wednesday, July 13, 2011

Kota Perlndungan | Refuge

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 35-36

Seringkali kita bernyanyi bahwa Tuhan adalah tempat perlindungan kita. Dan dari pasal 35 kita dapat mengerti fungsi daripada kota perlindungan itu. Kota perlindungan adalah tempat di mana para pembunuh yang membunuh secara tidak sengaja dapat tinggal dan tetap aman. Tetapi bila ia keluar dari kota perilindungan itu, maka orang yang ingin menuntut darah yang ditumpahkan pembunuh itu menemukan dapat membunuh dia untuk menuntut balasannya. Jadi kota perlindungan itu adalah tempat di mana kita dapat tinggal dan tetap aman dari orang-orang yang ingin mencelakakan kita karena apa yang telah kita perbuat tanpa di sengaja.

Tetapi apa hubungannya dengan hidup kita jaman sekarang? Kita memiliki Yesus yang telah mati bagi kita dan telah menghapus semua dosa-dosa kita, dan kita memiliki hukum-hukum yang berlaku jika kita berbuat kesalahan yang fatal terhadap orang lain disengaja ataupun tidak disengaja. Jadi apa aplikasi dari kota perlindungan yang selama ini kita nyanyikan?

Kota perlindungan adalah tempat perlindungan dari penuntutan, penuduhan dan celaka. Di jaman sekarang ini, semua itu dilakukan oleh iblis yang selalu menunggu di depan pintu seperti singa yang mengaum-ngaum (1Petrus 5:8). Memang betul bahwa segala dosa kita telah dihapus, tetapi jika kita keluar dari kota perlindungan, yaitu jika kita keluar dari hadirat Tuhan dan berjalan sendiri, maka iblis akan datang dan menyerang kita dengan segala penuduhan, penuntutan akan segala dosa yang telah kita lakukan. Dengan begitu iblis menyerang iman kita, dan bila kita tidak segera lari balik kepada Tuhan Yesus Kristus, maka lama kelamaan iman kita akan mati karena serangan iblis. Jadi bila kita temukan diri kita sering merasa di tuduh oleh karena kesalahan kita walaupun kita telah bertobat darinya dan Yesus telah menghapuskannya, biarlah kita sadar bahwa kita perlu untuk lari ke Tuhan Yesus dan mendapatkan perlindungan. Ketahuilah bahwa penuduhan datang dari iblis dan Tuhan tidak pernah menuduh, tetapi Tuhan menegur dengan kasih dan melupakan segala kesalahan dan dosa kita bila kita bertobat dengan sungugh-sungguh.

Maka dari itu, saat kita nyanyikan dan proklamasikan bahwa Tuhan adalah kota perlindungan kita, biarlah kita benar-benar percaya, hidupi, lakukan dan imani. Biarlah kita selalu tinggal di dalam Tuhan sebab di dalam Dia ada perlindungan.


English:

Bible Reading: Numbers 35-36

Many times we sings that the Lord is our refuge. From chapter 35 we know the function of a city of refuge. city of refuge is a place for all who kills without the intention to kill, so that they can be live and be safe. But if they go out of the refuge, then the person who wants to have revenge can find and kill him. So city of refuge is a place where we can live and be safe from the people who wants to take revenge upon our unintentional doings.

But what is the relationship with our lives nowadays? We have Jesus who died for us and have washed our sins away and we have laws for any wrongdoings that causes death to others whether it was intentional or not. So what is the application of what we sang that the Lord is our refuge, all this time?

City of refuge is a refuge from condemnation, revenge and danger. In this age, all of that is done by the satan who always waits for us outside like a roaring lion (1Peter 5:8). It is true that our sins have been washed away, but if we step outside of the refuge, that is if we step out from the Lord's presence and walk on our own, then satan will come and attack us with all condemnation of all the sins and iniquities we've done. That way, satan is attacking our faith, and if we do not immediately run back to the Lord Jesus Christ for refuge, then sooner or later, our faith will die because of the attacks. So if we find ourselves feeling condemn all the time because of the wrongdiongs that we've done even though we have repented from it and Jesus has washed it all away, let us realise that we need to run to the Lord Jesus and find refuge. Know that condemnation comes from satan and the Lord never condemns, but the Lord rebukes with love and forgets all our iniquities and sins if we truly repent.

Therefore, when we sings and proclaim that the Lord is our refuge, let us really believe, live in it, do and have faith. Let us always live in the Lord because in Him there is refuge.

No comments:

Post a Comment