Tuesday, July 26, 2011

Kasihi Sesama Kita | Love One Another

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ulangan 21-22

Hukum-hukum yang Tuhan berikan dalam dua pasal ini semuanya bersangkutan dengan hubungan kita antar manusia dan dengan sesama kita. Dari soal terbunuhnya seseorang, milik saudara kita yang hilang yang kita temui, sampai kepada hal tentang mengambil seorang wanita menjadi isteri. Tuhan berikan ketetapan-ketetapan ini agar tidak ada hal yang jahat yang dapat meraja-lela di Israel tetapi juga agar orang Israel tetap saling menghormati dan ada ketentraman dan ketertiban di antara mereka walaupun mereka semakin banyak jumlahnya. Ini hanyalah beberapa contoh dari apa yang Tuhan Yesus katakan di perjanjian baru akan hukum yang kedua, yakni untuk kita mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

Begitu juga Tuhan ingin kita berlaku yang sama di jaman ini, yakni untuk kita dapat hidup dengan tentram dan tertib dan agar tidak ada kejahatan yang meraja-lela di tengah-tengah kita. Bila ada suatu kejahatan, maka perlulah untuk kita bertobat dan buang segala kejahatan itu. Bila perlu ditegur, biarlah kita menegur mereka dan dengan saksi setidaknya dua atau tiga orang agar sah seperti yang Tuhan katakan di pasal-pasal sebelumnya, Tetapi jangan sampai kita menjadi hakim atas saudara-saudara kita, sebab sangatlah mudah untuk kita mulai saling tunjuk dan menghakimi orang lain. Semua yang tadi di sebut hanyalah tindakan atau reaksi terhadap yang telah terjadi, tetapi bukankah lebih baik bila kita mulai berubah agar tidak terjadi lagi? Lebih baik untuk kita pro-aksi di bandingkan dengan bereaksi. Jadi, biarlah kita hanya lakukan perintah Tuhan yakni, untuk kita mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Dengan begitu kita lakukan pro-aksi dan di antara kita akan ada ketentraman dan ketertiban dan juga persatuan di dalam Kristus.

Oleh karena itu, marilah kita introspeksi diri kita dan biarlah kita tidak menghakimi, tetapi mengasihi sesama kita.


English:

Bible Reading: Deuteronomy 21-22

The laws that the Lord gave in these two chapters all have to do with our relationship with human. From about someone who got killed, something that belongs to our brethren that they lost and we found, to about taking a woman as a wife. The Lord gave all these statutes so that there is no evil doings that is spreading in Israel but also so that the Israelites can honour still one another and so that there is peace and order in their midst even though they are increasing in numbers. This is only a few examples of what the Lord Jesus said in the new testament as the second law, that is for us to love our neighbour as we love ourselves.

The Lord wants us to do the same in this era, that is for us to live in peace and order so that there is no evil doings that is spreading in our midst. If there is a wicked doing in our midst, we need to repent and throw it all away. If we need to rebuke someone, rebuke them with witnesses of at least 2 or 3 people as the Lord said in the previous chapters. But do not let ourselves become judge over our brethren, because it is easy for us to just point at each other and start judging others. All of these are a reaction to what has happened, but isn't it better if we can be proactive instead? It is better if we can be proactive compared to being reactive. So, let us only do the command of the Lord, that is for us to love our neighbours as ourselves, that way we are proacting and there will be peace and order in our midst and also unity in the Lord.

Therefore, let us introspect ourselves and let us not judge, but love one another.

No comments:

Post a Comment