Tuesday, July 5, 2011

Melewati Garis Akhir | Crossing The Finish Line

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 27-28

Sepanjang hidupnya semenjak Tuhan memanggilnya untuk membebaskan Israel, Musa selalu kembali kepada Tuhan untuk meminta petunjuk dan juga jalan keluar dari segala tantangan yang dihadapinya. Baik itu saat Firaun menolak untuk membebaskan Israel, saat dikejar oleh tentara Firaun dan menghadapi jalan buntu di Laut Merah, ataupun saat bangsa Irael bersungut-sungut akan keadaan mereka. Dalam setiap hal, Musa selalu bertanya kepada Tuhan dan melakukan seperti apa yang Tuhan lakukan. Hanya satu kejadian saja di mana Musa tidak lakukan seperti apa yang Tuhan perintahkan, yaitu saat Israel bersungut-sungut meminta air di padang gurun Zin. Tuhan memerintahkan agar Musa dan Harun berkata kepada bukit batu untuk mengeluarkan air, tetapi Musa malah memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali. Pada kejadian sebelumnya, Tuhan pernah mengeluarkan air juga dengan Musa memukulkan tongkatnya ke batu dan Musa melakukan hal yang sama pada waktu itu dan bukan lakukan seperti yang Tuhan perintahkan. Akibatnya adalah Musa tidak masuk ke dalam tanah perjanjian. Musa sampai garis akhir, tetapi ia tidak melewatinya.

Dengan tidak kita sadari kita mungkin berlaku yang sama dengan Musa saat ia tidak melakukan perintah Tuhan. Seirngkali karena kita sudah pernah menghadapi hal yang sama dan kita sudah mengalami kuasa Tuhan melalui suatu hal yang Tuhan perintahkan atau bukakan jalannya, maka ketika kita menghadapi hal yang sama lagi, kita jadi merasa sok pintar dan merasa bisa dengan melakukan hal yang sama seperti yang sudah-sudah. Tetapi apakah itu yang Tuhan mau? Mungkin saja Tuhan mau kita melakukan hal yang berbeda supaya kita makin melihat kebesaran Tuhan atau karena apapun. Yang terpenting adalah, agar kita tidak melakukan kesalahan yang Musa perbuat. Janganlah kita merasa sudah bisa sehingga kita tidak lagi mengikuti perintah Tuhan, tetapi berjalan dengan hikmat sendiri karena pengalaman kita yang sudah-sudah. Ingatlah bahwa tidak setiap kali Tuhan ingin kita lakukan hal yang sama dalam menghadapi kejadian yang serupa.

Oleh sebab itu marilah kita terus bertanya kepada Tuhan dan percayalah akan apa yang difirmankan-Nya atau kepada hikmat yang dibukakan oleh Roh Kudus kepada kita. Janganlah kita anggap bahwa cara yang dulu pernah kita lakukan akan selalu menjadi cara yang harus dilakukan, tetapi biarlah kita selalu mencari nasihat dan petunjuk dari Tuhan. Dan setelah kita meminta kepada-Nya, bila jalannya berbeda dari yang dulu, marilah kita percaya dan laksanakan sesuai dengan petunjuk Tuhan dan bukan oleh hikmat dan pengalaman kita, Agar kita tetap masuk ke tanah perjanjian kita, agar kita sampai kepada garis akhir dan dapat melewatinya.


English:

Bible Reading: Numbers 27-28

For all of his life since the Lord called him to free the Israelites, Moses always comes back to the Lord for guidance and way out from all kinds of challenges that he faced. May it be when Pharaoh refuse to let Israelites go, when chased by the army of Pharaoh and when facing a dead end at Red Sea, or when the Israelites complained about their conditions. In all things, Moses always asks the Lord and did what was commanded. Only one incident where Mo0ses did not do as the Lord commanded him, that is when the Israelites complained about water at the wilderness of Zin. The Lord commanded Moses and Aaron to say to the rock to let water out of it but Moses hits the rock twice with his rod. In the previous event, the Lord had also let water out of a stone by Moses hitting on the rock and Moses did the same thing as previously and not as the Lord commanded. The consequence is that Moses did not enter the promised land. Moses reach the finish line but he did not crossed it.

Unknowingly, we tend to do the same as Moses when he did not do as the Lord commanded him. Many times, because we have faced the same challenges or situations and we have experienced the power of God through things that He commanded or an opened path by Him, then when we face the same situation or challenges, we feel that we know what to do and can do the same thing as we've done previously. But is that what the Lord wants? Maybe the Lord wants us to do a different thing so that we can see greater glory of God or because of any other reasons. The important thing is so that we will not repeat the same mistake that Moses did. Do not feel that we can that we no longer follows His command but walks with our own wisdom because of our previous experiences. Remember that not every time the Lord wants us to do the same thing when facing similar situation.

THerefore, let us always asks the Lord and believes in what He has commanded or upon the wisdom revealed by His Holy Spirit to us. Do not assume that the previous way or method is always the one to be done, but let us always seek the Lord's guidance and counsel. And when we ask of Him, if the method is different than previously done, let us believes and do exactly as He says and not based on our past experiences or our own wisdom. So that we can go in to our promised land, so that we will reach the finish line and able to cross it.

No comments:

Post a Comment