Thursday, June 30, 2011

Pengaruh Yang Baik | Good Influence

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 19-20

Tuhan dengan jelas mengatakan bahwa mereka yang najis oleh karena apapun, mereka akan tetap najis sampai ada korban penghapus dosa dan apapun yang mereka pegang atau sentuh akan juga menjadi najis. Tentunya sekarang kita tidak lagi perlu sampai ada korban penghapus dosa sebab Tuhan Yesus Kristus sudah mati sekali untuk selamanya bagi kita semua, untuk menghapus dosa-dosa kita. Jadi bila kita berdosa atau berbuat kesalahan apapun terhadap Tuhan dan Firman-Nya, maka kita perlu untuk bertobat dan kembali kepada Yesus agar darah-Nya yang menyucikan kita dan mentahirkan kita sehingga kita tidak lagi najis dan dengan begitu kita dapat menghadap Tuhan. Dan oleh karena itu kita perlu untuk sungguh-sungguh bersyukur kepada Tuhan atas pengorbanan-Nya di kayu salib.

Tetapi ada satu hal yang perlu juga kita perhatikan, yaitu bahwa saat kita najis, apapun yang kita pegang akan menjadi najis. Yang di maksud di sini bukan berarti bila kita sedang berada di dalam dosa atau setelah melakukan dosa dan kita memegang orang lain dan orang lain itu juga turut menjadi najis. Tetapi yang teraplikasikan di jaman ini adalah bila hidup kita penuh dengan dosa, atau ada dosa, dan bila kita tidak segera bertobat dan membuangnya dari kehidupan kita, maka orang-orang di sekitar kita akan melihat dan merekapun mungkin terpengaruhi dan akan juga berdosa. Mungkin dengan dosa yang sama, atau juga karena terbawa rohnya sebab mungkin lebih lemah imannya atau masih belum begitu kuat imannya. Jadi apa yang kita lakukan bukan hanya mempengaruhi secara jasmani, yang dapat dilihat orang, tetapi secara roh juga itu mempengaruhi sekitar kita. Maka dari itu, marilah kita segera bertobat bila kita sadar bahwa kita telah berdosa. Janganlah sampai karena kelalaian kita atau ketegar-tengkukan kita mengakibatkan orang-orang di sekitar kita juga jadi ikut berbuat dosa. Tetapi juga, biarlah kitapun terus mengisi kehidupan kita dengan Firman Tuhan, terus melatih diri dalam iman sehingga kita tidak mudah digoyahkan atau terbawa oleh orang-orang di sekitar kita, agar kita tetap kuat di dalam Tuhan walaupun orang-orang di sekitar kita penuh dengan dosa atau kejahatan-kejahatan.

Singkatnya, hidup kita ini mempengaruhi kehidupan orang-orang di sekitar kita dan kitapun dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Oleh sebab itu, marilah kita terus bersandar hanya kepada Tuhan, Firman-Nya dan Roh Kudus-Nya untuk memimpin, mengingati, menyadarkan,menegur dan mengajarkan kita setiap harinya. Biarlah kita waspada akan langkah-langkah kita dan juga makin berakar dan teguh di dalam Tuhan agar kita menjadi contoh dan pengaruh yang baik dan bukan yang jahat.


English:

Bible Reading: Numbers 19-20

The Lord has clearly spoken that those who are unclean because of anything, will be unclean until there is a sin offering and whatever thing that they touch will also be unclean. Of course nowadays we do not need sin offering anymore because the Lord Jesus Christ has died once and for all for us, to wash away all of our sins. So if we sinned or have done any wrong doings against the Lord and His Word, then we need to repent and go back to Jesus so that His blood cleanses and sanctifies us so that we are no longer unclean and that way, we can come before the Lord. And because of that, we need to really lift up our thanskgiving to the Lord for His sacrifice on the cross.

But there is another thing that we need to be aware of, that is when we are unclean, whatever thing that we touch will become unclean. This does not mean that when we sin or have sinned and we touch other people that they also become unclean. But what can be applied in these age is that if we live in sin or have sinned, and if we do not immediately repent and throw it away from our lives, then the people around us will see and they too might be influenced to sin too. Maybe with the same sin or maybe because their spirit are influenced to sin because they have smaller faith or that their faith is not too strong yet. So whatever we do do not only affect the physical things, what can be seen, but also spiritually it affect those around us. Therefore, let us always immediately repent if we realise that we have sinned. Do not let our delay and our stubbornness causes others around us to also sin. But also, let us always fill ourselves with the Word of God, train ourselves in faith so that we would not be easily shaken or influenced by those around us, so that we may stay strong in the Lord although the people around us are full of sins or wickedness.

In short, our lives affect and influence others around us and we too are affected and influenced by others around us. Therefore, let us always rely only in the Lord, His Word and His Holy Spirit to lead, remind, convict, rebuke and teach us every day. Let us be wary on our ways and also let us be rooted deeper and be firmer in the Lord so that we may be a good example and influence and not the bad one.

No comments:

Post a Comment