Thursday, June 9, 2011

Setiap Harinya | Every Day

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 23-24

Tuhan memberikan kepada bangsa Israel ketetapan-ketetapan akan perayaan-perayaan yang ada dan dari setiap perayaan-perayaan itu, ada waktu di mana mereka mempersembahkan korban, ada juga waktu di mana mereka tidak boleh melakukan pekerjaan apapun dan hanya beribadah dan menyembah Tuhan. Ada juga waktu di mana mereka perlu mempersembahkan hasil pertama mereka di tanah perjanjian. Ada juga persembahan-persembahan lainnya. Tetapi yang setiap hari mereka harus lakukan adalah untuk menyiapkan minyak zaitun tumbuk yang tulen untuk minyak lampu kemah pertemuan agar lampu-lampu itu tetap menyala dan juga untuk mempersembahkan roti yang baru setiap hari. Mengapa lampu itu perlu di isi dengan minyak zaitun murni dan perlu untuk terus menyala? Dan mengapa perlu ada roti yang baru setiap hari?

Di dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, lampu di kemah pertemuan ini melambangkan api Roh Kudus yang ada di dalam kehidupan kita. Dan Tuhan ingin agar kita api Roh Kudus terus menyala di dalam kehidupan kita. Tuhan meminta dengan spesifik untuk mengisi dengan minyak zaitun yang tulen, yang murni. Di dalam perjanjian lama, minyak zaitun itu di pakai sebagai minyak urapan oleh para imam dan ini berarti bahwa untuk kita dapat mengisi minyak lampu di dalam kehidupan kita, kita perlu untuk mengisinya dengan minyak urapan yang daripada Tuhan, yakni kita perlu untuk meminta Tuhan yang mengisi kita setiap hari dengan Roh Kudus agar api Roh Kudus kita terus menyala setiap hari. Sebab tanpa adanya Roh Kudus di dalam kita, maka kita tidak akan dapat mengenal Tuhan, sebab Tuhan adalah Roh. Bila tidak ada api Roh Kudus di dalam hidup kita maka kita juga tidak akan dapat menjadi terang seperti yang Tuhan inginkan. Begitu juga halnya dengan roti yang baru setiap hari. Roti itu melambangkan Firman Tuhan dan Tuhan sendiri. Jadi Tuhan ingin agar kita mengisi kehidupan kita setiap hari dengan Firman Tuhan dan juga dengan persekutuan dengan Tuhan. Sebab bila kita tidak memiliki Firman Tuhan dan hubungan dengan-Nya setiap hari, maka ktia tidak memiliki fondasi yang kuat dan kita tidak memiliki kesempatan untuk mengenal Tuhan.

Oleh sebab itu, marilah kita isi setiap hari kehidupan kita dengan minyak urapan Roh Kudus sehingga api Roh Kudus terus menyala di dalam kehidupan kita, memimpin dan menerangi kehidupan kita dan orang-orang di sekitar kita. Mari juga kita luangkan waktu untuk Tuhan dan Firman-Nya agar itu yang memimpin kita setiap harinya.

English:

Bible Reading: Leviticus 23-24

The Lord gave to the Israelites statutes and days of celebrations dan during those days of celebrations, there are days when they have to give offerings, sacrifices and days when they have to rest and do no work and just to have fellowship with God and worshiping God. There are also days when they need to give their first fruit offering. Also other offerings to give. BUt what they need to do everyday is to prepare olive oil for the lamp of the tabernacle of meeting and to bring new breads everyday. Why do the lamps needed to be filled with olive oil everyday and to be kept burning all the time? Why do we need new bread everyday?

In our lives as believers, the lamp in the tabernacle of meeting represents the fire of the Holy Spirit in our lives. And the Lord wants the fire of the Holy Spirit to keep on burning inour lived. The Lord specifically asks for pure olive oil. In the Old Testament, olive oil is used as an anointing oil by the priests and this means that for us to fill the lamp in our lives, we need to fill it with the anointing oil of the Lord, that is we need to askt he Lord to fill us everyday with Holy Spirit, so that the fire will keep on burning in us. Because without the Holy SPirit in us, we cannot know our God, because God is Spirit. If we do not have the fire of the Holy Spirit in us, we also cannot be a light as the Lord desires. The same thing too with the new bread everyday. The bread represents the Word of God and the Lord Himself. Therefore the Lord wants us to fill our lives with the Word of God and relationship/fellowship with the Lord everyday. Because if we do not have the Word of God and relationship with Him everyday, then we do not have the strong foundation and we do not have the opportunity to know who our God is.

Therefore, let us fill our lives everyday with the anointing oil of the Holy Spirit so that the fire will keep on burning in us, leading and giving light in our lives and unto those around us. Let us also spend time for the Lord and His Words so that we are led everyday by it.

No comments:

Post a Comment