Saturday, June 4, 2011

Hidup Sesuai Firman Tuhan | Live According the Word of God

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 19

Tuhan kembali mengingatkan kita bahwa kita perlu untuk hidup kudus, sebab Tuhan kita kudus. Tuhan juga telah memberikan kepada kita ketetapan-ketetapannya di dalam kehidupan kita yang mencakup segala aspek kehidupan kita, dalam keluarga, dalam bisnis sendiri, melakukan pekerjaan, beribadah, perilaku terhadap orang lain dan sebagainya. Dan semua ini dapat kita terapkan di dalam kehidupan kita di jaman ini. Sebab Tuhan kita adalah sama, dulu sekarang dan selamanya.

Dalam keluarga, Tuhan ingn agar kita menghormati orang tua kita, sebab bila kita tidak dapat hormat kepada mereka yang membesarkan kita dan mengajar kita, bagaimana mungkin kita dapat hormat terhadap Tuhan yang tak dapat kita lihat? Dalam berbisnis dan melakukan pekerjaan, Tuhan ingin agar kita berlaku adil, benar dan dengan berbelas kasihan, sebab hanya dua pilihan yakni mengikuti hawa nafsu dan keegoisan sehingga berlaku tidak adil dan tidak benar, atau mengikuti Firman Tuhan untuk tidak berlaku curang dalam berbisnis atau melakukan pekerjaan kita. Dalam beribadah, Tuhan ingin agar kita menguduskan Hari Sabat untuk Tuhan, sebab bila kita tidak pernah menyisihkan waktu untuk Tuhan, bagaimana mungkin kita dapat mengenal Tuhan? Dalam perilaku terhadap sesama kita, Tuhan ingin agar kita berlaku benar seperti misalnya, jangan memeras, jangan memfitnah, jangan dendam, jangan benci, jangan tuntut balasan dan sebagainya. Tuhan ingin agar kita tidak berlaku semena-mena, dan Ia ingin agar kita dapat berlaku benar dan menjadi saluran berkat, menjadi terang bagi orang-orang di sekitar kita agar mereka dapat melihat Tuhan dalam hidup kita.

Jadi, semua Firman Tuhan dapat diterapkan di dalam kehidupan kita, dan semuanya ini diberikan agar kita hidup sesuai dengan Firman Tuhan, hidup kudus seperti yang Tuhan inginkan. Dan tentunya pasal ini hanya berbicara akan beberapa contoh, tetapi seluruh Firman Tuhan akan membimbing kehidupan kita untuk menjadi kudus seperti Tuhan kita, kudus. Jadi, marilah kita ikuti Firman dan periksalah kehidupan kita menurut Firman Tuhan.




English:

Bible Reading: Leviticus 19

The Lord reminds us again that we need to live a holy life, because the Lord is holy. The Lord has also given to us His statutes in our lives which covers all aspect of our lives, from family, business, work, church, actions towards others and many more. And all of this can be applied to our lives in this era. Because the Lord is the same, yesterday, today and forever.

In family, the Lord wants us to honour our parents, because if we can't honour those who raised and taught us, how can we honour the Lord, whom we can't see? In business and work, the Lord wants us to act justly with honesty, righteously and with compassion, because there are only two choices, to follow lust for money and selfishness that we act unjustly and unrighteously, or we follow the Word of God to not cheat in business or in our work. In church, the Lord wants us to keep His Sabbath, because if we never spend time with God how can we know the Lord? In our action towards others, the Lord wants us to act righeously such as no cheating or robbing, no slandering, no grudge, no hate, no revenge and many more. The Lord wants us to act righteously and He wants us to be the channel of His blessings, to be light unto the people surrounding us so that they can see the Lord in our lives.

So, the Word of God can be applied in our lives and all of this is given so that we can live according to the Word of God, a holy life as the Lord wanted. And of course this chapter only talks about a few examples, but the whole Word of God will guide our lives to be holy like our Lord. Therefore, let us follow the Word of God and check our lives according to the Word of God.

No comments:

Post a Comment