Friday, June 3, 2011

Dosa-Dosa Percabulan | Sins of Adultery

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 18

Tuhan sungguh adalah Allah yang teliti dan sangat perduli dengan umat-Nya, Sebelum bangsa Israel masuk ke dalam tanah perjanjian, Tuhan telah memberikan ketetapan-ketetapan dan juga peringatan-peringatan. Tuhan tahu bahwa sebagai manusia, sangatlah mudah untuk kita mengikuti orang lain, baik itu gaya hidup mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang mereka sembah, apa yang mereka makan dan sebagainya. Tuhan juga tahu bahwa juga tidaklah mudah untuk meninggalkan kehidupan yang lama. Maka dari itu Ia memberikan ketetapan-ketetapan-Nya sebagai panduan dan pimpinan bagi Israel untuk dapat hidup benar. Tuhan juga memeringatkan mereka akan hal-hal yang buruk, jahat dan tidak kudus yang di lakukan oleh lingkungan mereka dalam perbudakan dan juga dalam lingkungan orang-orang di mana mereka akan tinggal nanti, yakni di tanah Kanaan. Sungguh Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat perduli.

Tuhan memeringatkan Israel agar mereka tidak masuk ke dalam dosa percabulan atau perzinahan dalam bentuk apapun. Tuhan memberikan banyak kemungkinan akan perzinahan atau percabulan yang mungkin kita lakukan dari percabulan antar keluarga atau kerabat sendiri, seperti dengan ibu sendiri, dengan anak sendiri, dengan tante, dengan menantu dan sebagainya. Tuhan juga berbicara tentang percabulan antara lelaki dengan lelaki, dan percabulan dengan binatang. Sebab sangat besar dosa percabulan dan perzinahan di bangsa Mesir dan di bangsa Kanaan, Tuhan telah memberitahukan kepada Israel dahulu akan apa yang harus mereka hindarkan.

Terlebih lagi, Tuhan menaruh semua dosa-dosa ini bersamaan dengan persembahan anak kepada Molokh. Persembahan ini dilakukan dengan membakar anak-anak di depan dewa Molokh dan ini sangatlah keji. Jika Tuhan menaruh kekejian ini di antara dosa-disa percabulan, bukankah ini berarti bahwa dosa percabulan sama kejinya dengan mempersembahkan anak kepada Molokh? Oleh karena itu, marilah kita berhenti dan hindari dosa-dosa percabulan yang ada di dunia ini.

Tentunya, Tuhan tidak membiarkan kita memakai kekuatan kita sendiri untuk menghindari dan menolak dosa-dosa percabulan di dunia ini. Tuhan memberikan jalan keluarnya, yaitu dengan cara memfokuskan kehidupan kita akan ketetapan-ketetapan yang Tuhan berikan kepada kita. Jika kita hidup sesuai dengan Firman dan Kebenaran Tuhan dan jika kita fokusnya kepada Tuhan, maka kita akan memiliki hidup dan kita akan memiliki kekuatan untuk tidak melakukannya. Tetapi tentunya semuanya itu tetap pilihan kita dan biarlah kita memilih pilihan yang benar setiap harinya, setiap saatnya. Jadi, marilah kita pegang ketetapan Tuhan dan jauhkanlah diri dan marilah kita bertobat dari dosa-dosa percabulan yang mungkin masih kita lakukan.


English:

Bible Reading: Leviticus 18

The Lord really is a careful God who cares about His people. Before the Israelites enter the promised land, the Lord has given then statutes and warnings. The Lord knows that as human, it is easy for us to follow others, may it be their lifestyle, what they do, what they worship, what they eat and many others. The Lord also know that it is not easy to leave behind the old lives. That's why He gave statutes as a guidance to lead the Israelites to live righteously. The Lord also warned them about all the bad, evil an unholy things which were done in their previous community when they were under slavery and also in the community where they will live later on, that is the land of Canaan. Truly, our Lord is the Lord who cares.

The Lord warned Israelites so that they won't fall into the sins of adultery in any form. The Lord gave so many possibilities of adultery that we might do from within a family, may itu be with our own mother, children, aunties, in-laws and others. The Lord also talks about adultery between a man and another man, and adultery with animals. Because great is the adultery in the land of Egypt and Canaan, the Lord has warned the Israelites on what must be avoided.

Moreover, the Lord put all of these sins of adultery with the sin of offering children as sacrifices to Moloch. This sacrifice is done by the burning of children in front of the god of Moloch and this is very cruel and evil. If the Lord placed this evil in the midst of the sins of adultery, doesn't it mean that the sins of adultery is as evil as sacrificing children to Moloch? Therefore, let us stop and avoid all the sins of adultery in this world.

Of course, the Lord will not let us use our own strength to avoid and reject/rebuke the sins of adultery in this world. The Lord has given a way out for us, that is to focus our lives upon the statutes that the Lord has given ti us. If we live according to the Word and Truth of the Lord and if we focus on the Lord, then we will have life and will have strength to resist/rebuke it. But of course all of that is still is our choice and let us choose the right choices every day, every time. So, let us hold on true to the statutes  of the Lord and stay away and repent from the sins of adultery that we might still do.

No comments:

Post a Comment