Monday, June 6, 2011

Standar Tuhan | The Lord's Standard

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 21

Tuhan memiliki standar yang tinggi dan itu setinggi langit dari bumi bila dibandingkan dengan standar kita. Di sini, Tuhan memberikan ketetapan-ketetapan kepada anak-anak Harun yang adalah keturunan para imam dan yang melayani di mezbah Tuhan, mereka yang mempersembahkan korban bagi Tuhan, mereka yang menjadi perantara antara Tuhan dan umat-Nya. Terutama yang menjadi imam besar, Tuhan ingin agar menjadi yang terkudus sebab ia yang datang menghadap Tuhan.

Siapakah yang dapat memenuhi standar Tuhan yang begitu tinggi? Tentunya hanya satu, yaitu Tuhan sendiri. Maka dari itu Yesus datang ke dunia, mati bagi kita dan Ia juga berperan sebagai Imam Besar kita, yang menjadi perantara kita untuk menghadap Tuhan. Jadi dapat di bilang, kita yang melayani Tuhan adalah para imam, seperti anak-anak Harun. Jadi, kita perlu untuk ada hubungan yang dekat dengan Tuhan dan ada pertobatan setap hari sehingga bukan lagi kita, tetapi Yesus yang hidup dalam kita. Untuk kita yang melayani Tuhan, Tuhan ingin agar hidup kitapun kudus dan memenuhi standar Tuhan. Tetapi Tuhan memberikan kepada kita kelonggaran bagi keluarga kita. Tuhan berkata bahwa para imam tidak boleh menajiskan diri dengan dekat kepada orang mati, kecuali kepada kerabatnya yang terdekat. Dari sini, kita dapat melihat bahwa Tuhan menjunjung tinggi keluarga dan Ia ingin agar kita tetap menjaga keluarga kita dan tentunya juga menjaga kekudusan dan kehidupan kita agar dapat seperti yang Tuhan inginkan.

Kita sudah belajar apa itu arti dari dikuduskan, dan biarlah kita yang melayani lebih giat dan sungguh-sungguh lagi agar menjadi teladan dan contoh bagi saudara-saudari kita seiman. Bagian Tuhan telah dilakukan-Nya, yakni menjadi Imam Besar yang tak bercacat sebagai Perantara yang Kudus, maka dari itu marilah kita lakukan bagian kita untuk hidup sesuai dengan Firman Tuhan, yakni memenuhi standar Tuhan.


English:

Bible Reading: Leviticus 21

The Lord has a very high standard and it is as high as the heavens compared to our standards.  Here, the Lord gives statutes to the sons of Aaron who are the priests and who serves in the Lord's tabernacle of meeting, who offers sacrifices for the Lord, who are the mediator between the Lord and His people. Especially the one who became the high priest, the Lord wants him to be the most holy one because he is the one who come before the Lord.

Who can fulfil this high standard of the Lord? Of course only one, that is the Lord Himself. That's why Jesus came to the world, died for us and He also acts as our High Priest, who becomes our Mediator to come before the Lord. So, it can be said that we who are serving the Lord are priests, just like the sons of Aaron. So, we need to have an intimate relationship with the Lord and there has to be daily repentance so that it is no longer us, but Jesus lives in us. For us to serve the Lord, the Lord wants us to live a holy life dan up to the Lord's standard. But the Lord gave us flexibility for our families. The Lord said that the priest cannot make himself ceremonially unclean because of his people who are dead except for his close relatives. From here, we can see that the Lord respects families and He wants us to take care of our family and of course to take care of our holiness and our lives so that we can be as He desires.

We have learned about holiness, and let us who serve, be more vigilant and serious so that we may be examples for our brothers and sisters in Christ. The Lord has done His part to be the High Priest who is the most holy as the Holy Mediator, therefore, let us do our part to live according to the Word of God, that is up to the Lord's standard.

No comments:

Post a Comment