Friday, June 17, 2011

Ada Yang Melayani Di Rumah Tuhan, Ada Yang Bekerja | Some Are Serving In The House of The Lord, Some Are Working

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 3

Tuhan mengambil suku Lewi sebagai ganti anak-anak sulung dari seluruh bangsa Israel untuk melayani di Kemah Pertemuan. Dapat juga dikatakan bahwa suku Lewi mewakili seluruh bangsa Israel untuk melayani di Kemah Pertemuan. Tentunya hal ini sangatlah masuk akal, karena jika semua orang melayani di Kemah Pertemuan, maka siapakah yang akan bercocok tanam, menggembalakan ternak dan bekerja untuk menambah kemakmuran bangsa Israel? Begitu juga dengan gereja Tuhan di jaman sekarang. Tidak semua orang percaya melayani di rumah Tuhan, tetapi setiap orang memiliki bagiannya masing-masing dalam bekerja, berbisnis, atau melayani di rumah Tuhan secara penuh seperti suku Lewi.

Seperti suku Lewi mewakili seluruh bangsa Israel, begitu juga setiap pelayan di rumah Tuhan mewakili jemaat yang ada di gereja itu. Oleh karena itu, biarlah kita yang melayani di rumah Tuhan benar-benar menjaga kehidupan kita agar kudus di hadapan Tuhan. Sebab Tuhan adalah kudus dan mereka yang melayani di rumah Tuhan juga dikuduskan karena-Nya, maka dari itu janganlah ada perbuatan kita yang mencemari kekudusan Allah. Tetapi biarlah kita jaga hati dan pikiran kita senantiasa sehingga kita tidak hidup di dalam dosa, tetapi bila jatuh kita dapat secara langsung bertobat dan kembali kepada Tuhan. Jadi, bila kita melayani di rumah Tuhan, ingatlah bahwa kita mewakili jemaat Tuhan untuk datang menghadap dan melayani Tuhan. Oleh sebab itu, janganlah kita anggap remeh atau enteng pekerjaan rumah Tuhan, tetapi biarlah kita lakukannya dengan segenap hati kita.

Biarlah kita yang melayani lakukan bagian kita dalam memimpin, mewakili dan memberi teladan yang baik bagi saudara-saudari seiman kita. Biarlah kita yang diberikan tugas oleh Tuhan untuk berbisnis maupun bekerja, lakukan bagian kita dengan penuh semangat dan tujuan yang benar, yaitu untuk Tuhan.


English:

Bible Reading: Numbers 3

The Lord took the tribe of Levi to replace the first born of all Israelites to serve in the Tent of Meeting. It can also be said that the Levites represents the whole Israelites to serve in the Tent of Meeting. Of course this makes perfect sense, because if everyone serves in the Tent of Meeting, then who will be out there planting crops or herding animals and working to add wealth to the Israelites? So is the same with the church of God nowadays. Not every believer serves in the house of the Lord, but everyone has their own part in working, business or serving wholly in the house of the Lord like the Levites.

Like the Levites representing the whole Israelites, so is every believer that serves in the house of the Lord representing the church. Therefore, let us all who serves in the house of the Lord take care of our lives so that it may be holy before the Lord. Because the Lord is holy and they who ministers in the house of the Lord are also made holy because of Him, therefore do not let our actions defile the holiness of the Lord. But let us always guard our hearts and minds so that we would not live in sin, but if we do fall, we can immediately repent and go back to the Lord. So, if we are serving in the house of the Lord, remember that we are representing he church to come and serve the Lord. Therefore, do not take the ministries in the house of the Lord lightly, but let us do it with our whole hearts.

Let us who ministers do our part in leading, representing and giving good example to our brothers and sisters in faith. Let us who have been given a duty to do business or work, do our part with excitement and the right purpose, that is for the Lord.

No comments:

Post a Comment