Sunday, June 5, 2011

Milk Tuhan | Belong To The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 20

Di dalam pasal ini, Tuhan memberikan penjelasan atau arti yang lebih dalam dari kata kudus. Kata kudus, bukan hanya mencakup perbuatan dan pikiran yang benar saja, tetapi Tuhan berkata bahwa kita menjadi kudus bagi Tuhan sebab Tuhan itu kudus dan sebab Tuhan telah memisahkan kita untuk menjadi milik-Nya. Jadi, untuk menjadi kudus, berarti dipisahkan untuk Tuhan, menjadi milik-Nya.

Jadi, arti dari dipisahkan benar-benar berarti dipisahkan. Kita memisahkan diri kita dari apa  yang baik dan jahat, apa yang berkenan apa yang tidak di mata Tuhan. Tuhan berkata bahwa kita dipisahkan untuk menjadi milik-Nya. Jadi, bukan sekedar dari tidak melakukan dosa-dosa yang jelas seperti berbohong, perzinahan dan percabulan, menyembah berhala dan sebagainya, tetapi kita perlu naik satu tingkat lebih dalam lagi, yakni untuk kita melakukan dan hidup berkenan kepada Tuhan, sebab kita milik-Nya sekarang. Hal ini bermaksud bahwa jika kita melakukan suatu hal yang baik tetapi bukan yang Tuhan inginkan, tentunya kita tidak melakukan apa yang berkenan bagi Tuhan. Seperti apa yang Paulus katakan di dalam kitab ROma 12:1-2, di mana Paulus menasihati agar kita hidup kudus, dan mengenal kehendak Allah, apa yang baik, berkenan dan sempurna. Kita bukan hanya melakukan apa yang baik, tetapi lebih lagi melakukan apa yang berkenan di hadapan Tuhan dan apa yang sempurna.

Jadi, biarlah pengertian akan kudus ini merubah cara kita berpikir dan gaya hidup kita. Sebab bukan lagi apa yang boleh atau tidak, tetapi lebih kepada apa yang Tuhan ingin aku lakukan, apa yang akan menyenangkan hati Tuhan. Dan semua ini hanya dapat tercapai bila kita bergaul erat dengan Tuhan dan mengenal hati-Nya. Jadi, marilah kita hidup kudus, berkenan kepada Tuhan, sebab kita adalah milik-Nya!


English:

Bible Reading: Leviticus 20

In this chapter, the Lord gave an explanation or a deeper meaning to the word holy. The word holy, does not just cover the right action and thoughts alone, but the Lord says that we are holy because Him, the Lord is holy because the Lord has separated to be His.

Therefore, the meaning of being separated is as it is, being set apart. We set apart ourselves from what is good and bad, what is pleasing to eh Lord and what is not. The Lord saud that we are separated to be His. Thus, it is not just about not doing sins which we can see and know such as lying, adultery, idolatry etc, but we need to go to a deeper level, that is for us to do and live a life that is pleasing to the Lord, because we are His now. This means that if we are doing something good, but not what the Lord wants, then we are not pleasing Him. Just as Paul said in Romans 12:1-2, we are to live a holy life and know the will of God, what is good, pleasing and perfect. We do not just do what is good, but mire than that, we need to do what is pleasing before the Lord and what is perfect.

Therefore, let this new understanding of holy change our mindset and our lifestyle. Because it is no longer about what we can or cannot do, but it is more to what does the Lord wants me to do, what will please the Lord. And all these can only be achieved if we build an intimate relationship with the Lord and to know His heart. Therefore, let us live a holy life, pleasing to the Lord, because we are His!

No comments:

Post a Comment