Monday, June 27, 2011

Menjaga Mata, Hati & Pikiran | Guard The Eyes, Heart & Mind

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 15-16

Dalam pasal 15, Tuhan memeringati Israel agar mereka tidak mengikuti keinginan hati mereka atau mata mereka sendiri yang salah, tetapi agar mereka hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Tetapi di pasal berikutnya, kita lihat Korah, Datan dan Abiram yang datang memberontak kepada Musa dan Harun beserta 250 orang pemimpin dan orang banyak. Mereka berontak karena mereka ingin menjadi lebih terhormat dan ingin menjabat jabatan yang lebih tinggi, yakni jabatan imam. Tetapi akibatnya adalah mereka semua binasa karena pemberontakan mereka.

Dari kejadian ini kita dapat melihat bahwa sangatlah penting untuk kita tidak ikuti keinginan hati atau mata kita yang jahat, tetapi agar kita menjaga hati, mata dan pikiran kita dengan Firman Tuhan. Sebab hal-hal jahat yang kita ingini melalui mata dan hati kita biasanya dikarenakan hawa nafsu atau keinginan-keinginan yang ditimbulkan oleh karena sikap hati yang salah seperti kesombongan atau iri hati. Oleh sebab itu, Tuhan memberikan Firman-Nya agar kita selalu diingatkan untuk ikuti Firman Tuhan dan bukan yang lainnya. Sebab jika kita tidak jaga hati, mata dan pikiran kita dengan Firman Tuhan, maka sebuah keinginan yang jahat akan berbuahkan kebinasaan seperti Korah, Datan dan Abiram. Mungkin hanya di mulai dari iri hati, lalu ada kesombongan dan timbul keinginan untuk menjabat jabatan yang lebih tinggi yang bukan milik mereka, lalu berteruskan kepada pemberontakan terhadap pemimpin dan akhirnya kepada persembahan yang bukan milik mereka untuk dipersembahkan. Semua ini adalah dosa yang terus menerus membawa mereka kepada dosa demi dosa. Dari sikap hati yang tidak benar, berbuahkan keinginan yang salah, yang menginginkan milik orang lain, lalu berbuahkan dosa pemberontakan dan kemudian berbuahkan dosa akan mempersembahkan persembahan kepada Tuhan yang bukan milik mereka.

Maka dari itu, marilah kita bertobat saat kita sadar bahwa kita telah berdosa. Janganlah kita terus mengeraskan hati kita sehingga kita makin terjerumus di dalam dosa. Tetapi biarlah kita jaga mata, hati dan pikiran kita dengan Firman Tuhan senantiasa, agar kita hidup menyenangkan hati Tuhan.


English:

Bible Reading: Numbers 15-16

In chapter 15, the Lord reminded the Israelites so that they won't follow the harlotry of the heart and eyes, but to follow and live according to the Word of God. But in the next chapter, we can see Korah, Dathan and Abiram rebelled against Moses and Aaron along with 250 leaders and some of the children of Israel. They rebelled because they want to become more honoured and want a higher position as priest. But the consequence is that they all died because of their rebellion.

From this incident we can see that it is important for us not to follow the harlotry of our hearts or eyes, but for us to guard our hearts, eyes and minds with the Word of God. Because the harlotry that we want from our eyes and hearts usually comes from lust or desires that comes because of the wrong attitude of the heart such as proud, boastfulness or jealousy. That's why the Lord gave His Words so that we can always be reminded to follow the Word of God and not other things. Because if we do not guard our hearts, eyes and minds with the Word of God, then an evil desire will result in death like Korah, Dathan and Abiram. Maybe i only started as jealousy, then pride or boastfulness and then a desire to have a higher position that is not theirs to own, then it continues on to rebellion towards their leaders and in the end towards an offering that is not theirs to offer. All of these are sin that continues to another sin. From the wrong attitude of the heart, it bore the wrong desires which wants what others have, then it bore the fruit of rebellion and then the wrong offering to the Lord which weren't theirs.

Therefore, let us repent when we realise that we have sinned. Do not harden our hearts that we continues to fall deeper into sin. But let us always guard our eyes, hearts and minds with the Word of God so that our lives will be pleasing to the Lord.

No comments:

Post a Comment