Wednesday, June 15, 2011

Berkat Yang Mengalir | Blessings That Flows

Indo:

Pembacaan Alkitab: Bilangan 1-2

Melalui kedua pasal ini kita dapat melihat jumlah orang-orang yang sanggup berperang dari tiap-tiap suku Israel. Dan jika kita perhatikan jumlah masing-masing dar tiap suku, kita dapat melihat bahwa mereka yang diberkati lebih limpah oleh Yakub memiliki jumlah yang lebih. Dalam keduabelas anak Yakub, Yehudalah yang yang di angkat menjadi yang utama di antara saudara-saudaranya. Jika kita kembali melihat Kejadian 49, Yakub memberkati Yehuda sebagai suku yang di mana tongkat kerajaan akan terus ada bersama dengannya dan bahwa saudara-saudaranya akan tunduk kepadanya. Mengenai hal anak-anak Yusuf, Manasye dan Efraim, walaupun Manasye adalah yang sulung, tetapi berkat sulung diberikan kepada Efraim oleh Yakub (Kejadian 48). Jika kita bandingkan dengan jumlah dari tiap-tiap suku, kita dapat melihat bahwa Yehudalah yang paling besar jumlahnya di antara bangsa Israel. Begitu juga halnya dengan Manasye dan Efraim, Efraim memiliki jumlah yang lebih besar di bandingkan oleh Manasye.

Hal ini menunjukkan pada kita betapa pentingnya berkat yang turun dari orang tua kepada anak-anaknya, yakni berkat yang turun dari Tuhan sendiri ke atas orang tua dan yang diteruskan kepada anak-anaknya. Oleh sebab itulah hukum pertama yang berhubungan dengan sesama manusia, Tuhan menaruh hukum untuk hormat kepada orang tua sebagai yang pertama. Jadi, biarlah kita belajar untuk terus hormat kepada orang tua kita dan juga sebagai orang tua, biarlah kita belajar untuk menjaga kata-kata kita terhadap anak-anak kita, sehingga kita tidak mengutuk anak-anak kita. Tetapi biarlah yang keluar dari mulut kita adalah kata-kata berkat. Sebab Tuhan telah memberkati kita bukan untuk disimpan sendiri saja, tetapi untuk dibagikan dan salah satunya adalah untuk dibagikan kepada keturunan kita.Tanggung jawab yang Tuhan berikan kepada orang tua sangatlah besar dan besar pulalah kuasa dan otoritas yang mengikutinya, jadi janganlah kita menyalah-gunakan kuasa dan otoritas yang Tuhan berikan itu. Tentunya hal ini bukan hanya berlaku kepada orang tua jasmani, tetapi sebagai pemimpin, yaitu orang tua rohani, kita juga bertanggung jawab akan berkat rohani yang turun ke atas mereka yang kita pimpin.

Oleh sebab itu, janganlah kita anggap enteng perkataan-perkataan kita dan janganlah kita anggap enteng pula jabatan yang Tuhan berikan sebagai orang tua, pemimpin maupun anak. Tetapi biarlah kita hidup sesuai dengan perintah-Nya dan sesuai dengan kebenaran-Nya, sehingga kita menurunkan berkat yang dari Tuhan dan bukan kutuk.


English:

Bible Reading: Numbers 1-2

Through these two chapters, we can see the numbers of people who are able to go to war from each tribe of the Israelites. And if we look at it carefully the numbers from each tribe, we can see that those who are blessed more by Jacob has more. Within the twelve children of Jacob, Judah is the one who was raised above all the others. If we look back to Genesis 49, Jacob blessed Judah as a tribe who will have kings and kingdom and that all the others will bow down to him. With regard to Joseph's sons, Manasseh and Ephraim, although Manasseh was the firstborn, the firstborn blessings was given to Ephraim by Jacob (Genesis 48). If we compare it with the numbers of each tribe, we can see that Judah had the most within the Israelites. The same with Manasseh and Ephraim, Ephraim had more compared to Manasseh.

This shows to us of how important it is the blessings that comes from the parents to their children, that is the blessings that comes from God Himself upon the parents and being passed down to their children. That;s why the first commandments that has relationship with men, the Lord put the law to honour our parents as the first. Therefore, let us learn to always honour our parents and also as parents, let us learn to be careful of our words towards our children, so that we would not curse our children. But let us be that what comes out from our mouths are words of blessings. Because the Lord blessed us not to keep it to ourselves but to be shared and one of them is to our children. The responsibility that the Lord gave to parents are great and so is the power and authority that follows, therefore do not misuse this power and authority that the Lord gave. Of course this not only applies to biological parents, but also to leaders, who are spiritual parents, we are also responsible for the spiritual blessings that flows to those whom we lead.

Therefore, let us not take our words lightly and also do not treat the role that the Lord has entrusted to us as parents, leaders or children lightly. But let us live according to His commandment and truth, so that we would pass down the blessings that comes from the Lord and not curses.

No comments:

Post a Comment