Thursday, June 2, 2011

Jangan Berzinah | Do Not Commit Adultery

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 17

Tuhan telah memberikan sepuluh perintah Allah kepada bangsa Israel yang di mana di tulis agar jangan ada allah lain di hadapan Tuhan dan jangan membuat patung dan menyembahnya atau beribadah kepadanya. Dan di sini , Tuhan memberikan satu lagi, yaitu agar Israel jangan mempersembahkan korban, yakni menyembah dan beribadah, kepada jin-jin. Di dalam bahasa Inggris di katakan bahwa itu adalah setan-setan (demons).

Dengan ini Tuhan telah memberitahukan agar kita hanya menyembah TUHAN dan tidak ada yang lain. Sebab Tuhan telah mencakup semua di dalam 3 hal di atas, allah-allah lain, patung-patung dan setan-setan(jin-jin). 3 hal ini mencakup semua berhala yang dapat kita lihat dengan mata, seperti patung-patung dan benda-benda, juga mencakup cerita nenek moyang akan dewa-dewa atau allah-allah lain dan juga mencakup roh-roh jahat, jinjin dan setan-setan. Jadi Tuhan tidak meninggalkan sedikit lobangpun, semuanya tercakupi dan Tuhan benar-benar ingin agar kita hanya fokus dan menyembah Dia.

Terlebih lagi, Tuhan berkata bahwa jika kita menyembah setan-setan (jin-jin) maka kita berzinah. Mengapakah ini?

Kita semua tahu bahwa Kekristenan bukanlah agama, melainkan hubungan yang hidup antara Tuhan dan umat-Nya yang percaya kepada-Nya. Di dalam Alkitab, Tuhan melambangkan diri-Nya sebagai Mempelai Lelaki dan kita, gereja-Nya, umat-Nya dilambangkan sebagai mempelai wanita atau kekasih-Nya. Bayangkan bila kita sedang berada di dalam suatu hubungan dan sudah bertunangan dan tinggal menunggu hari pernikahan. Tetapi dalam penungguan itu, kita pergi dan selingkuh dengan pria/wanita lain. Bukankah itu perzinahan? Bukankah itu juga pengkhianatan terhadap janji yang kita buat untuk mau bersama-sama dengan pasangan kita, walaupun masih bertunangan dan belum menikah? Demikian juga halnya dengan Tuhan. Saat kita menyembah setan-setan (jin-jin), allah lain, patung-patung atau berhala lainnya, itu sama seperti kita sedang selingkuh dengan iblis dan mengkhianati Tuhan. Maka dari itu Tuhan berkata bahwa itu perzinahan.

Jadi, bukan hanya kekudusan dalam perbuatan dan jasmani kita yang perlu kita jaga setiap hari, tetapi kekudusan rohani kita juga perlu kita jaga. Seringkali kita tidak memperhatikannya karena kita tidak dapat melihatnya secara langsung, tetapi bila kita menyembah berhala, patung, benda, dewa, jin atau setan yang bukan TUHAN, maka kita sedang berzinah. Jadi, marilah kita jaga hubungan kita dengan Tuhan, dan janganlah kita mengkhianati Tuhan dengan perzinahan rohani kita.




English:

Bible Reading: Leviticus 17

The Lord has given the ten commandments to the Israelites where it is written that there shall be no other gods before the Lord and there shall be no carved image and shall not bow down to them. And here, the Lord gave another one, that is the Israelites shall not offer sacrifices to demons.

With this,t he Lord has told us that we shall only bow down and worship the LORD and no others. Because the Lord has covered all in the 3 things mentioned above, other gods, carved images and demons. these 3 things covers all idols which we can see, such as carved images or other things, it also covers old folks tales about other gods and also covers demons. Therefore, the Lord did not leave any holes, everything is covered and the Lord really wants us to only focus and worship Him.

Furthermore, the Lord also said that if we offer sacrifices to demons, we are playing harlot (prostitution, adultery). Why is this so?

We all know that Christianity is not religion, but it is a real relationship between the Lord and His people who believes in Him. In the Bible, the Lord symbolises Himself as the Groom and us, His church, His people is symbolised as His Bride or His lover. Imagine if we are in a relationship, engaged and just waiting for the wedding day. But on that waiting period, we went and go cheat with other man/woman. Isn't this harlotry (adultery)? Isn't it also a betrayal of our promise we make to want to be together with our partner forever, even though still only engaged but not yet maried? Thus is the same with the Lord. When we worship or offer sacrifices to demons, other gods, carved images or other idols, it is the same as if we are cheating with the devil and betraying the Lord. That's why the Lord says that it is a harlot.

So, not only in physical holiness that we need to take care of everyday, but our spiritual holiness also needs to be taken care of. Many times we do not notice it because we do not see it straight away, but if we worship idols, carved images, things, other gods, demons who are not the LORD, then we are playing harlot. Therefore, let us take care of our relationship with the Lord and do not betray the Lord with our spiritual harlotry.

No comments:

Post a Comment