Monday, June 13, 2011

Dikhususkan Bagi Tuhan | Devoted To The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: Imamat 27

Di dalam pasal ini Tuhan berbicara akan peraturan-peraturan mengenai hal-hal yang dikhususkan atau dikuduskan bagi Tuhan. Orang Israel dapat memberikan secara khusus dirinya melalu nazar, atau hal-hal lainnya dengan dikuduskan bagi Tuhan seperti, seekor hewan, rumah atau ladang. Tuhan memberikan kepada orang Israel peraturan bahwa segala hal yang dikhususkan bagi Tuhan, baik itu orang, ladang, hewan, rumah atau segala milik orang itu, tidak boleh ditebus kembali, semua itu adalah milik Tuhan dan segala yang dikhususkan adalah maha kudus bagi Tuhan. Tetapi hal-hal yang hanya dikuduskan, masih dapat ditebus.

Jika kita perhatikan ada bedanya antara dikuduskan dan dikhususkan bagi Tuhan. Jika sesuatu dikuduskan, maka orang atau benda itu kudus, tetapi bukan berarti bahwa orang atau benda itu hanya untuk Tuhan. Tetapi hal-hal yang dikhususkan bagi Tuhan, orang atau benda itu hanya dipakai untuk Tuhan, oleh sebab itu segala yang dikhususkan adalah maha kudus bagi Tuhan. Misalnya, ketika kita bertobat dan saat Tuhan Yesus Kristus masuk ke dalam kehidupan kita, maka kita mejadi kudus karena Tuhan Yesus yang ada di dalam diri kita, tetapi hidup kita masih milik kita sendiri. Tetapi bila kita bernazar, atau memberikan kehidupan kita untuk dikhususkan bagi Tuhan, maka kita tidak hanya kudus, tetapi kita juga menjadi milik Tuhan secara penuh dan apa yang kita lakukan hanyalah untuk Tuhan. Tentunya Tuhan ingin agar kita hidup bagi Tuhan. Oleh sebab itu, marilah kita lihat yang manakah kita? Apakah kita hanya dikuduskan oleh karena Tuhan Yesus Kristus, atau kita mengambi langkah selanjutnya untuk memberikan hidup kita dikhususkan bagi Tuhan?

Biarlah kita berikan kehidupan kita untuk dikhususkan bagi Tuhan, karena Tuhan telah membeli kehidupan kita dengan darah-Nya dan kita menjadi milik-Nya. Maka dari itu, sudah selayaknya hidup kita ini dikhususkan bagi Tuhan. Jadi, marilah kita jaga kehidupan kita dan biarlah kita hidup hanya untuk Tuhan dan bukan untuk diri kita sendiri atau untuk orang lain.

English:

Bible Reading: Leviticus 27

In this chapter, the Lord speaks about statutes of things to be dedicated as holy and things to be devoted to the Lord. The Israelites can give their lives through a vow, or other things by dedicating it to the Lord such as animals, house, or land. The Lord gave Israelites statutes that all things which are devoted to the Lord may it be a person, animal, house or all that person has, cannot be redeemed nor sold, all of it belongs to the Lord and all things which are devoted is most holy to the Lord. But things which are only dedicated as holy may be redeemed.

If we notice, there's a difference between dedicating things as holy and being devoted to the Lord. If something is dedicated to be holy, that person or thing is holy, but does not meant hat the person or the thing is only for the Lord. But things which are devoted to the Lord, that person or thing is used only for the Lord, that's why all things which are devoted to the Lord is most holy. For example, when we repent and when the Lord Jesus Christ came into our lives, we are holy because of the Lord Jesus Who is in us, but our lives is still our own. But if we took a vow to devote ourselves to the Lord, then we are not only holy, but we belong to the Lord as a whole and what we do is only for the Lord. Of course the Lord wants us to live for Him. Therefore, let us look at ourselves, which one are we? Are we only dedicated to be holy because of the Lord Jesus Christ, or do we take that extra step to devote our lives for the Lord?

Let us give our lives to be devoted to the Lord, because the Lord has bought our lives with His blood and we are His. Therefore, it is only fair if our lives is devoted to the Lord. So, let us take care of our lives and let us live a life only for the Lord and not for ourselves or others.

No comments:

Post a Comment