Wednesday, August 31, 2011

Kejatuhan Simson | The Downfall of Samson

ndo:

Pembacaan Alkitab: Hakim-Hakim 15-16

Simson memiliki kelemahan yang sangat umum di antara kaum laki-laki, yakni akan perempuan. Tetapi yang menjadi kejatuhan Simson bukan hanya karena wanita, tetapi juga karena kesombongannya yang merasa bahwa memang tidak ada yang dapat mengalahkan dia, sehingga ia berani memberitahukan sumber kekuatan dan kelemahannya kepada Delila. Dan inilah sumber kejatuhan Simson, yang mengakibatkan dia di tangkap, dibutakan dan dijadikan budak.

Biarlah kita belajar dari kehidupan Simson. Walaupun Tuhan memang telah memilih Simson sebagai seseorang yang akan membebaskan Israel dari tangan orang Filistin, dan ia pun diberikan kekuatan yang luar biasa, tidak berarti bahwa ia dapat menyombongkan diri. Setiap dari kita Tuhan panggil untuk melakukan dan mencapai suatu visi dan kemampuan untuk itupun Tuhan sudah atau akan berikan kepada kita. Tetapi hal ini tidak mengijinkan kita untuk menyombongkan diri akan apa yang dapat kita lakukan, padahal semuanya itu datang dari Tuhan. Tentunya juga biarlah kita juga tidak terus menerus jatuh ke dalam kelemahan kita, apapun itu. Tetapi biarlah kita meminta kekuatan dari Tuhan agar kita tidak terus terjerumus ke dalam dosa oleh karena kelemahan kita yang dapat berupa, uang, kekayaan, kehormatan, ketenaran, wanita dan apaoun yang hanya untuk memuaskan hawa nafsu kita.

Biarlah kita terus rendah hati dan bersekutu dengan Tuhan dalam segala hal, sehingga kita tidak berjalan dengan kekuatan kita sendiri dan agar kita juga tidak merasa bisa berjalan sendiri tanpa Tuhan. Biarlah kita meminta kekuatan dan pimpinan Roh Kudus agar kita dapat menolak, lari dan mengalahkan segala pencobaan terhadap kelemahan kita, sehingga hidup kita hanya untuk Tuhan dan bukan untuk kesenangan diri kita sendiri.


English:

Bible Reading: Judges 15-16

Samson have a common weakness amongst men, that is of women. But what became the downfall of Samson is not only because of a woman, but also because of his pride and boastfulness that makes him think that no one can defeat him, so that he dares to tell the source of his strength and what will make him weak to Delilah. And this is the source of the downfall of Samson that causes him to be caught, made blind and became a slave.

Let us learn from the life of Samson. Even though the Lord had chosen Samson as the one who will deliver Israelites from the Philistines, and he is also is given an amazing strength, it doesn't mean that he can boasts of it. Every one of us is called by the Lord to do and to reach a vision and the ability to accomplish that has already been given or will be given to us. But this does not allow us to boasts of what we can do, because all of it comes from the Lord. Of course, let us also stop from falling to our weakness what ever it may be. Let us ask strength from the Lord so that we won't fall to sin because of our weaknesses that can be money, richness, honour, fame, women and what ever it is that is only to satisfy our lust.

Let us always be humble and have intimate fellowship with the Lord in all things, so that we won't walk in our own strength and so that we also don't feel that we can walk on our own without the Lord. Let us ask for strength and guidance of the Holy Spirit so that we may reject, run and defeat all temptations toward our weaknesses, so that our lives is only for the Lord and not for our own lust.

No comments:

Post a Comment