Tuesday, August 30, 2011

Tiga Pokok Penting | Three Important Lessons

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 6

Tuhan Yesus mengajarkan banyak hal kepada murid-murid-Nya, Dari pengajaran itu, ada 3 pelajaran pokok yang dapat kita pelajari, yakni:
1. Hidup untuk Tuhan  dan bukan untuk diri sendiri
2. Memiliki hati seperti hati Bapa yang di Sorga.
3. Datang, Dengar dan Lakukan Firman Tuhan.

Pokok yang pertama mengajarkan kita agar kita tidak fokus dan menabur kepada hal-hal duniawi yang sementara, tetapi agar kita menabur benih-benih ilahi yang akan kekal selamanya. Misalnya, mereka yang dicela oleh karena nama Tuhan mengalami keadaan yang tidak enak di dunia ini dan mungkin dipermalukan di dunia, tetapi justru ia menabur benih yang kekal di Sorga, sebab ia tetap setia dan tidak menoak nama Tuhan walaupun keadaannya sangat buruk. Jadi, marilah kita belajar untuk hidup bagi Tuhan dan untuk mulai menabur benih-beih ilahi yang kekal di Sorga dan bukan benih-benih yang fana di dunia.

Pokok yang kedua mengajarkan kita agar kita memiliki hati yang murah hati dan penuh kasih seperti Allah Bapa. Kasih yang tidak pilih kasih, yang tidak pernah menyerah, yang tidak pernah menghakimi dan tanpa mengenal kondisi ataupun situasi. Walaupun sepertinya sangat susah untuk dapat memiliki kasih seperti ini, tetapi jika kita hidup bagi Tuhan, bersekutu erat dengan-Nya dan membiarkan Tuhan masuk dan penuhi kita setiap hari, Ia yang adalah kasih akan ada di dalam hidup kita dan kita akan memiliki kasih-Nya. Oleh karena itu, janganlah bersandar kepada kekuatan kita, tetapi biarlah kita meminta dan berserah kepada Tuhan untuk memberikan kita kasih dan mengajarkan kepada kita kasih itu.

Pokok yang ketiga mengajarkan agar kita dapat memiliki fondasi yang kuat di dalam Tuhan. Sebab tidak ada gunanya bila kita hanya berdoa untuk meminta tetapi tidak datang ke hadapan-Nya dengan membawa seluruh kehidupan kita. Tidak ada gunanya juga bila kita berdoa mencari petunjuk dan kehendak-Nya tetapi kita tidak pernah tinggal diam untuk mendengarkan Firman-Nya atau tidak pernah mau dengar. Percuma juga bila kita hanya dengar, tetapi tidak melakukan apa yang diperintahkan-Nya. Oleh sebab itu, marilah kita datang dengan rendah hati dan seluruh kehidupan kita terbuka untuk-Nya, membuka telinga dan hati kita untuk mendengarkan suara dan perintah-Nya dan biarlah kita juga meminta pimpinan Roh Kudus untuk dapat melakukan Firman dan perintah-Nya guna menyenangkan hati Tuhan.

Bila kita memiliki ketiga pokok ini, maka kita akan hidup bagi Tuhan, memiliki kasih terhadap semua orang untuk memenangkan jiwa mereka dan kita akan memiliki fondasi yang kuat sehingga kita tidak terbawa oleh situasi ataupun pengajaran-pengajaran palsu. Oleh karena itu, marilah kita terapkan ketiga pokok ini di dalam kehidupan kita.


English:

Bible Reading: Luke 6

The Lord Jesus taught many things to His disciples. From these teaching, there are 3 major lessons that we can learn, that is:
1. Live for the Lord and not ourselves
2. Have the heart of the Father in Heaven.
3. Come, Listen and Do the Word of God.

The first lesson teaches us to not focus and sow the seeds of the world which are temporary, but for us to sow the godly seeds which are eternal. For example, they who are oppressed because of the name of the Lord will experience unpleasant times in this world and may be put to shame, but they are actually sowing the godly seeds in heaven, because they are faithful and did not deny the name of the Lord even though their situations are really bad. So, let us learn to live for the Lord and to start sowing the godly seeds which are eternal in heaven and not the worldly seeds.

The second lesson teaches us to have a merciful and loving heart like our God the Father. Love that is not biased, never gives up, never condemns and does not know condition or situation. Even though it may seems hard to have this kind of love, if we live for the Lord, have intimate relationship with Him and let the LOrd comes and fill us each day, He who is Love will be in our lives and we will have His love. Therefore, do not rely on our own strength but let us ask and surrender to the Lord for Him to give us love and to teach us His love.

The third lesson teaches us to have a strong foundation int he Lord. Because there is no point if we only pray to ask but never come before Him bringing our whole lives. There is no point if we pray for guidance and His Will, but we never stay still to listen to His Words or never wants to listen. There is also no point if we only listen but do not do a thing that He has commanded. Therefore, let us come with a humble heart and with our whole lives opened for Him, open our ears and hearts to listen to His voice and commands and let us also ask for the guidance of the Holy Spirit to do His Word and commands to please His heart.

If we have these three points, then we will live for the Lord, have the love for everyone and to win their souls and we will have a strong foundation so that we would not be dragged by situations or false teachings. Therefore, let us apply these three lessons in our lives.

No comments:

Post a Comment