Tuesday, August 16, 2011

Kerendahan Hati | A Humble Heart

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 2

Ketika Yesus berumur 12 tahun, Ia membuat tercengang para alim ulama di Bait Allah, dengan jawaban dan kecerdasan-Nya. Bila kita pikirkan sebentar, Yesus di saat itu adalah anak yang berumur 12 tahun, yang bukan dari keturunan para imam dan adalah anak tukang kayu. Maka dari Ia lahir sampai kepada saat itu Ia pasti tidak pernah mendalami Kitab Suci secara mendetil, dan karena Ia lahir sebagai manusia, maka segala pengetahuan dan hikmat yang Ia miliki itu datang dari lingkungan-Nya dan juga terutama dari Tuhan sendiri. Sungguh Tuhan kita itu luar biasa. Tetapi Ia tetap taat dan hormati orang tua-Nya, Yusuf dan Maria dan Ia tidak menyombongkan diri.

Banyak sekali sifat Yesus yang dapat kita pelajari untuk kita terapkan di dalam kehidupan kita. Dalam kisah ini kita dapat melihat kerendahan hati yang Ia miliki. Walaupun Ia tahu bahwa Ia adalah Tuhan dan bahwa Ia dapat berontak kepada Yusuf dan Maria dan pilih untuk tinggal di Bait Allah, tetapi Yesus tidak melakukan semua itu. Karena bila Ia berontak terhadap Yusuf dan Maria dan tinggal di Bait Allah, Ia melanggar perintah-Nya sendiri dan akan berdosa, walaupun Ia memiliki hikmat yang luar biasa. Jadi, Tuhan Yesus merendahkan hati-Nya dan tunduk kepada kepimpinan yang ada saat itu di dalam hidup-Nya, yakni orang tua-Nya. Inilah sifat pertama yang ditunjukkan dari silsilah Yesus dan inilah yang perlu kita juga miliki di atas segala sikap, sebab kejatuhan iblispun karena ia sombong dan tidak memiliki kerendahan hati.

Jadi, marilah kita belajar untuk rendah hati dan bukan untuk menyombongkan diri ataupun yang dapat kita lakukan. Bila kita ingin membanggakan sesuatu, biarlah itu Tuhan yang kita banggakan dan bukan yang lainnya.


English:

Bible Reading: Luke 2

When Jesus was 12 years old, He amazed the teachers at the temple with His answers and intelligence. If we think about it for a moment, at that time Jesus was only 12 years old, was not from the descendants of the priests and is a son of a carpenter. Therefore, from the day He was born until that time, He must never really study the Word of God in details and because He was born as men, then all His knowledge and wisdom comes from His surrounding and of course most of all from the Lord Himself. Truly our Lord is amazing. But He obeyed and honored His parents, Joseph and Mary and He did not boasts of Himself.

There are many attitudes and characters that we can learn from Jesus to apply into our lives. In this chapter, we can see the humility that He has. Even though He knows that He is Lord and He can rebel against Joseph and Mary and chose to stay in the temple, but Jesus did not do all that. Because if He rebels against Joseph and Mary and stayed in the temple, He is disobeying His own law and will sin, even though He has great wisdom. So the Lord Jesus humbled Himself and submit to the leadership at that time in His life, who are His parents. This is the first attitude and character that was shown in Jesus' life and this is what we also need to have above all other characters, because the fall of satan was also because he was boastful and did not have humility.

So, let us learn to be humble and not to boasts of ourselves of what we can do. If we want to boast, let us boast of our Lord and not others.

No comments:

Post a Comment