Friday, August 26, 2011

Memberikannya Kepada Tuhan | Giving It Up To The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 5

Kita semua tahu cerita bagaimana Simon Petrus mengikuti Yesus, yakni, ia menyaksikan mujizat besar dalam menangkap ikan dan ia meninggalkan segalanya untuk mengikuti Yesus. Tetapi ada satu hal yang mungkin kita tidak sadari. Bila kita lihat dari sisi Simon Petrus, ia adalah seorang penjala ikan dan itulah bisnis yang ia jalankan, yakni sumber uang untuk menghidupi keluarganya. Ketika Yesus melakukan mujizat di saat memang tidak ada hasil setelah bermalam-malaman tidak mendapatkan hasil, itu seperti seorang pengusaha yang sedang mengalami krisis ekonomi dalam bisnisnya dan tiba-tiba mendapatkan suatu keuntungan yang besar yang belum pernah dialaminya. Tetapi apakah ada pengusaha yang ketika mendapatkan untung yang luar biasa sewaktu saat krisis, meninggalkan segala bisnisnya untuk mengikuti Tuhan? Walaupun ada, sangatlah sedikit jumlahnya. Tetapi inilah yang Simon Petrus lakukan, ketika ia justru diberkati saat-saat krisis, ia tidak langsung sibuk dengan bisnisnya, tetapi ia langsung sujud menyembah Tuhan dan menigkuti-Nya.

Hal ini bukan berarti bahwa kita perlu meninggalkan segala bisnis atau pekerjaan kita untuk mengikuti Tuhan seperti Simon Petrus. Tetapi sikap hati yang Simon Petrus miliki perlu kita contoh. Seringkali saat-saat kita dalam keadaan krisis dan ketika kita ditolong oleh Tuhan, kita hanya mengucapkan terima kasih dan langsung kita kembali ke dalam kesibukan bisnis atau pekerjaan kita. Hal inilah yang perlu kita ubah. Kita tidak perlu untuk meninggalkan bisnis atau pekerjaan kita untuk mengikuti Tuhan, kecuali Tuhan memang menginginkan hal itu dari hidup anda, tetapi yang dapat kita lakukan adalah mendedikasikan pekerjaan dan bisnis kita untuk Tuhan. Jadi, pekerjaan dan bisnis kita bukan lagi milik kita, tetapi milik Tuhan Yesus Kristus. Dengan begitu kita melepaskan segala ikatan yang mengikat kita kepada pekerjaan atau bisnis kita, seperti SImon Petrus yang melepaskan segala ikatan yang ada dalam bisnisnya. Jadi, kita bukan lagi bekerja atau berbisnis untuk diri kita sendiri, tetapi untuk kerajaan Allah. Segala yang dihasilkan itu untuk memuliakan Tuhan dan dimulai dari keluarga dan sanak-saudara yang adalah rumah Tuhan, gereja Tuhan, janda dan yatim dan ke manapun Tuhan ingin salurkan berkat itu.

Jadi, marilah kita belajar memiliki hati yang benar-benar mengikuti Yesus seperti SImon Petrus yang melepaskan segalanya untuk mengikuti Tuhan. Marilah kita lepaskan segala hal yang mengikat kita dan berikanlah segalanya itu kepada Tuhan, terutama segala hal yang berhubungan dengan laba atau uang sebab itu yang banyak menjerat orang-orang.


English:

Bible Reading: Luke 5

We all know the story of how Simon Peter followed Jesus, that is, he witnessed a great miracle in catching fishes and he let everything to follow Jesus. But there is one thing that maybe we do not realise. If we see from Simon Peter's perspective, he is a fisherman and this is the business that he runs, that is, his source of money to feed his family. When Jesus did a great miracle when there was no fishes caught all night along, it is just like a businessman who is in the middle of an economic crisis and suddenly received a great profit that he has never experienced before. But is there any businessman who received a great profit during crisis and then left everything to follow the Lord? Even if there is, it would only be a few. But this is what Simon Peter did, when he was blessed during crisis, he did not went back to being busy with his business but he feel down and kneel before the Lord and followed Him.

This does not mean that we should leave all our business or work to follow the Lord like Simon Peter did. But the heart attitude of Simon Peter is the one that we need to take an example of. Many times during crisis and when we were helped by the Lord, we only said thanks and immediately go back to being busy with our business or work. This is what needs to be changed. We do not need to leave our business or work to follow the Lord, unless the Lord wants it that way for you, but what we can do is to dedicate our work and business to the Lord. So, our work and business is no longer ours but belong to the Lord Jesus Christ. That way, we are letting go of all bondage that binds us to our work or business, just like Simon Peter who let go of all bondage to his business. So we are no longer doing our business or work for ourselves only, but to the kingdom of God. All that is produced is to glorify the Lord and starting from our families which is the house of God, church of God, widows and orphans and anywhere the Lord wants to pass on the blessings.

So, let us learn to have a heart that truly follows Jesus like Simon Peter who let go of everything to follow the Lord. Let us let of of all things that binds us and give it all up to the Lord, especially all things pertaining to profit or money because that is what binds most people.

No comments:

Post a Comment