Thursday, August 25, 2011

Meninggikan Tuhan | Lifiting Up The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: Hakim-Hakim 7-8

Setelah Gideon menang perang atas orang Midian oleh karena Tuhan telah menyerahkan orang Midian ke tangan orang Israel, Gideon memiliki sikap yang benar. Gideon tidak ingin meninggikan dirinya dengan menerima usulan orang Israel dengan menjadikan dia dan keturunannya pemerintah atas Israel, tetapi ia mengatakan bahwa Tuhanlah yang memerintah atas orang Israel. Tetapi setelah itu ia membuat efod emas untuk melambangkan Tuhan dan itulah yang akhirnya di sembah oleh orang Israel dan bukan Tuhan sendiri.

Sikap Gideon yang tidak menyombongkan diri dan meninggikan Tuhan perlu untuk kita tiru. Sebab memang tanpa Tuhan maka kita ini tidak dapat berbuat apa-apa. Semuanya hanya karena anug'rah dan kasih karunia Tuhan atas hidup kita. Segala kemenangan yang kita alami, segala kekuatan yang kita perlukan, beserta dengan segala tantangan dan cobaan yang kita lewati untuk dapat bertumbuh, semua hanya karena anug'rah Tuhan Yesus Kristus dan bukan karena kekuatan kita sendiri. Oleh sebab itu, biarlah hidup kita meninggikan Tuhan di atas segalanya oleh karena apa yang telah Ia lakukan, sedang lakukan dan akan lakukan di masa depan. Dan janganlah kita menyembah apapun yang mungkin melambangkan Tuhan, sebab itu hanyalah barang materi biasa dan bukan Tuhan sendiri. Bila kita memiliki apapun yang melambangkan Tuhan, seperti lukisan, salib dan sebagainya, hal itu tidak menjadi masalah asalkan kita tidak jadi menyembah barang-barang itu seperti Israel.

Jadi, biarlah kita sadari bahwa hidup kita ini hanya karena anug'rah dan kasih karunia Tuhan agar Tuhan yang selalu kita tinggikan di dalam hidup kita dan bukan diri kita sendiri, orang lain ataupun hal-hal lainnya.


English:

Bible Reading: Judges 7-8

After Gideon won the war against the Midianites because the Lord had given the Midianites to the hands of the Israelites, Gideon had the right heart attitude. Gideon did not want to boast and lifted himself up by receiving the suggestion from the Israelites to make him and his descendants rulers of Israelties, but he said that the Lord is the One who rules over Israel. But afterwards he made a golden ephod to represent the Lord and that is what was worshiped by the Israelites and not the Lord Himself.

We need to take example from the heart attitude of Gideon that did not boasts of himself and lifting the Lord on high. Because without the Lord, then we would not be able to do anything. All of it is because of the grace of the Lord upon our lives. All the victories, all the strengths we need along with all the challenges and temptations that we went through to grow, all of that is only because of the grace of the Lord Jesus Christ and not because of our own strength. Therefore, let our lives lifts the Lord above all because of what He has done, what He is doing and what He is going to do in the future. And do not worship anything that may represents the Lord, because those things are just material things and not the Lord Himself. If we have anything that represents the Lord such as a painting, cross and others, those things are alright as long as we do not worship those things like the Israelites did.

So, let us realise that our lives is because of the grace of the Lord so that we would always lifts Him in our lives and not ourselves or others.

No comments:

Post a Comment