Wednesday, August 10, 2011

Bukan Kekuatan Kita Tetapi Kekuatan Tuhan | Not Our Strength But The Strength Of The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yosua 9-10

Melalui kisah Yosua, kita dapat melihat bagaimana Tuhan memimpin Yosua dan Israel dari kemenangan kepada kemenangan. Bukan hanya Yerikho yang bentengnya kuat, tetapi juga saat 5 raja bergabung untuk melawan Yosua dan Israel, merekapun kalah oleh karena Tuhan yang berperang melawan mereka. Sebagai bukti, jumlah yang mati oleh karena hujan batu lebih banyak dari pada yang mati oleh karena pedang Israel. Hal ini membuktikan dengan jelas bahwa Tuhanlah yang berperang melawan musuh-musuh kita. Tetapi kita tentu harus melakukan bagian kita. Seperti Yosua dan Israel yang sudah berjalan semalam-malaman, mereka tidak berhenti untuk isitrahat dahulu ketika Tuhan memerintahkan mereka untuk menyerang. Walaupun mereka lelah dan letih badannya, tetapi mereka tetap melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Sebab dengan begitu akan lebih jelas lagi kalau memang Israel menang bukan karena kekuatan mereka, tetapi karena kekuatan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan kita. Seringkali kita merasa capai, letih, lesuh ataupun lemah dalam menghadapi suatu tantangan atau rintangan. Tetapi bila kita bersandar kepada Tuhan, dan bila memang Tuhan telah menyerahkannya bagi kita, justru dalam kelemahan kita, Tuhan kuat dan kita dapat menyaksikan kekuatan Tuhan yang dashyat. Dengan begitu iman kita akan terus bertumbuh dan kita diajarkan agar kita tidak sombong, sebab bukan dengan kekuatan kita, tetapi kekuatan Tuhanlah yang memampukan kita, seperti Tuhan memampukan Israel untuk menang perang.

Jadi, marilah kita bersandar kepada Tuhan sepenuhnya. Bila kita lemah, justru kita harus lebih bersandar kepada Tuhan dan bukannya malah menyerah, sebab di dalam kelemahan kita, kita dapat melihat kekuatan Tuhan Yesus Kristus.


English:

Bible Reading: Joshua 9-10

Through the story of Joshua, we can see how the Lord leads Joshua and Israelites from victory to victory. Not only Jericho which has a strong fortress, but also when 5 kings unite to wage war against Joshua and Israelites, they lost because the Lord is the one who fights against them. As proof, the number of people who died because of hailstones were more than the number of people who died at the sword of Israelites. This clearly proves that the Lord is the One who fights against our enemies. But of course, we have to do our part. Just like Joshua and Israelites who have been marching the whole night, they did not stop to rest when the Lord commanded them to attack. Even though they were tired and experiencing fatigues, but they did what was commanded by the Lord. That way, it will be clearer that the Israelites wins not because of their own strength but because of the Lord's strength.

The same thing applies in our lives. Many times we feel tired, fatigue or weak in facing a challenge or hindrance. But if we rely on the Lord, and if the Lord has given it to us, in our weaknesses the Lord is strong and we can witness the wonderful strength of the Lord. That way, our faith will keep on growing and we are being taught to not be boastful or prideful, because it is not by our strength, but the strength of the Lord is the one that enabled us just like the Lord enabled Israel to win wars.

So, let us rely on the Lord wholly. If we are weak, we need to rely on the Lord more and not give up, because in our weakness, we can see the strength of the Lord Jesus Christ.

No comments:

Post a Comment