Saturday, August 6, 2011

Generasi Yang Baru | The New Generation

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yosua 3-4

Tuhan menyertai Yosua seperti Tuhan menyertai Musa dan bahkan lebih dashyat perbuatan yang Tuhan lakukan. Pada jaman Musa, Tuhan membelah Laut Merah dengan memerintahkan Musa untuk mengangkat tongkatnya tetapi pada jaman Yosua, Tuhan memerintahkan agar para imam yang membawa tabut Tuhan untuk menginjakkan kaki ke sungai Yordan dahulu. Pada jaman Yosua, Tuhan membelah sungai Yordan berdasarkan dengan iman yang lebih besar kepada Tuhan, sebab mereka perlu melangkahkan kaki ke dalam sungai Yordan dahulu sebelum sungai itu terbelah. Dengan begitu, kita melihat bahwa iman Yosua dan Israel untuk melebihi iman Musa.

Hal yang serupa mungkin terjadi di dalam kehidupan kita, yakni, generasi-generasi baru akan diajarkan untuk memiliki iman yang lebih besar untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar. Sebab bila seseorang yang memiliki iman mengajarkan kepada generasi baru iman yang sama dan di tambah lagi dengan pengalaman pribadi generasi baru, maka iman itu akan menjadi lebih besar. Seperti halnya bila kita belajar dari seorang guru, kita mendapatkan semua ilmu pengetahuan yang diturunkan kepada kita dan di tambah lagi dengan pengalaman kita sendiri sehingga ilmu pengetahuan yang kita miliki akan melebihi guru kita. Begitu juga perlu kita mengajarkan kepada generasi-generasi baru, yang di bawah kita segala yang kita pelajari, iman yang kita miliki dan marilah kita himbau mereka untuk juga mencari Tuhan dan mengalami Tuhan secara pribadi sehingga merekapun dapat terus bertumbuh imannya. Bila kita lakukan seperti apa yang Musa lakukan terhadap Yosua, maka kita akan memiliki orang-orang percaya yang militan, yang sungguh-sungguh beriman dan melakukan keajaiban yang lebih besar lagi.

Jadi, marilah kita ajarkan apa yang kita miliki kepada generasi-generasi baru, yang di bawah kita dan bawalah mereka untuk lebih beriman lagi dan juga untuk mengajarkan kepada generasi-generasi di bawah mereka, sehingga iman yang Tuhan taruh terus bertumbuh dari generasi ke generasi.


English:

Bible Reading: Joshua 1-4

The Lord was with Joshua as when the Lord with Moses and the works of the hands of the Lord was even more amazing. In the times of Moses, the Lord parted the sea by commanding Moses to lift up his staff, but in the times of Joshua, the Lord commanded the priest who are bringing the tabernacle to step into the Jordan river first. In the times of Joshua, the Lord parted the Jordan river based on the faith that is bigger towards the Lord, because they actually have to take the step into the Jordan river first before it is parted. That way, we can see that the faith of Joshua and Israelites are greater than the faith of Moses.

Similar thing may happen in our lives, that is, the new generation will be taught to have greater faith to do greater things. Because if one has a faith and is teaching the new generation the same faith and then the new generation added to their faith their own experience, then that faith will be greater. The same principle applies, when we are learning from a teacher, we get all the knowledge of the teacher plus our own experience so that the knowledge that we have will be greater than our teacher. So we should teach the new generation below us all that we have learned, the faith that we have and let us encourage them to also seek the Lord and experience the Lord personally, so that they can grow in faith. If we did what Moses did towards Joshua, then we will have believers who are militant, whole-heartedly have faith and are doing more amazing things as the new generation rises.

So, let us teach what we have to the new generations and let us bring them to have more faith and to also teach the newer generation below them so that the faith that the Lord had planted will keep on growing from generation to generation.

No comments:

Post a Comment