Sunday, August 14, 2011

Pelaku Firman | Doer Of The Word

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yosua 15-16

Jika kita hanya membaca tentang tanah-tanah yang di duduki oleh Israel dan diberikan segala hak milik pusaka setaip suku, kita tidak akan dapat tahu betapa besar tanah-tanah itu tanpa melakukan riset lebih dalam dan melihat peta jaman dahulu. Tetapi dari jumlah kota-kota yang kita baca, kita tahu bahwa besarlah kemenangan bangsa Israel. Untuk bani Yehuda sendiri, Tuhan berikan total 68 kota beserta desa-desanya. Belum lagi kota-kota yang diberikan kepada sebelas suku lainnya. Hal ini menunjukkan betapa kuasanya Tuhan dalam memimpin Israel menang perang.

Sesungguhnya, bila kita berpegang teguh kepada Firman Tuhan dan melakukannya, seperti Yosua dan Israel dalam merebut kota-kota di tanah perjanjian mereka, maka kita akan meraih kemenangan-kemenangan itu. Kita yang mungkin awalnya merasa tertindas atau malang atau selalu bernasib buruk seperti Israel sebelumnya yang adalah budak, akan melihat keajaiban Tuhan saat kita melakukan Firman-Nya. Bayangkan bila Israel hanya mendengarkan dan mengiyakan perintah Tuhan tetapi tidak bergerak sedikitpun, maka mereka tidak akan dapat menduduki sebegitu banyak kota, bahkan satupun tidak. Begitu juga dengan kita, kita perlu untuk mendengarkan Firman Tuhan dan melakukannya bila kita inign melihat rencana Tuhan terjadi dalam hidup kita.

Oleh sebab itu, marilah kita menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar Firman Tuhan. Apapun itu yang kita hadapi saat ini, biarlah kita tetap setia dalam melakukan Firman Tuhan dan kita akan melihat hasilnya bila saatnya tiba.


English:

Bible Reading: Joshua 15-16

If we only read about the lands that were subdued by the Israelites and were given as inheritance to each tribe, we would not know how large the lands were without doing research and seeing the map of the those days. But with the number of cities that we read, we know that the victory of the Israelites is great. For the tribe of Judah, the Lord gave them 68 cities in total. And there are still the other cities that were given to the other 11 tribes. This shows how powerful the Lord is in leading Israelites to win the war.

Truly, if we hold on true to the Word of God and do it, like Joshua and Israel in subduing the cities in the promised land, then we will reach victories. We whom at the beginning may feel oppressed or having bad luck like the Israelites who were slaves, will see the miracles of the Lord when we do His Words. Imagine if the Israelites only hear and agreeing to the Word of the Lord but do not move an inch, then they will not subdue so many cities and not even one. The same with us, we need to listen to the Word of God and do it if we want to see the Lord's plans come true in our lives.

Therefore, let us be the doer of the Word of God and not just the hearer. Whatever it is that we face, let us always be faithful in doing the Word of God and we will see the results when the time comes.

No comments:

Post a Comment