Thursday, August 4, 2011

Tuhan Tahu dan Ia Mengasihi | The Lord Knows and He Cares

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ulangan 32-34

Tuhan mengenal bangsa Israel dan Ia tahu bahwa mereka adalah bangsa yang tegar tengkuk, yang mudah ikut menyembah berhala dan tidak mengikuti Firman Tuhan, terutama bila mereka sudah berada di dalam kenyamanan. Oleh sebab itu Tuhan telah memeringatkan mereka mealui nyanyian yang patut mereka ingat. Di dalam nyanyian ini terdapat teguran Tuhan dan juga hal-hal yang mengingatkan Israel akan Tuhan yang memimpin mereka, Tuhan yang membawa mereka keluar dari Mesir. Sesungguhnya, melalui nyanyian ini, Tuhan telah mengirimkan jalan keluar bagi Israel dan juga untuk mereka berjaga-jaga agar tidak jatuh dalam dosa. Inilah kasih sayang Tuhan kepada umat-Nya.

Begitu juga dengan kehidupan kita. Berapa sering setelah kita berdosa, kita sadar bahwa sebenarnya Tuhan telah memberikan kepada kita peringatan untuk berjaga-jaga? Atau, seberapa sering kita sadar bahwa saat kita mendapatkan sesuatu, sebenarnya Tuhan telah mempersiapkannya dari kejadian yang dulu-dulu? Kita harus mengerti bahwa Tuhan mengenal kita dan Ia tahu akan masa depan dan karena itu Ia seringkali telah mengirimkan bantuan, peringatan, jalan keluar ataupun juga pengajaran kepada kita, guna mempersiapkan kita untuk hal yang mendatang. Dan hal ini akan terus berlanjut sampai kita bertemu dengan Tuhan nantinya. Inilah kasih Tuhan kepada kita. Ia yang selalu menjaga dan perduli akan kehidupan kita, senantiasa Ia mengirimkan bantuan, ajaran dan peringatan agar kita makin kuat dan tidak jatuh dalam dosa.

Oleh sebab itu, biarlah kita belajar untuk tidak melihat yang sekarang saja, tetapi biarlah kita sadar bahwa apa yang kita alami saat ini, apa yang kita lewati saat ini semuanya itu berguna untuk di masa mendatang. Biarlah kita percaya bahwa Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk masa depan kita di dalam Dia. Terpujilah Tuhan, Allah yang Maha Tahu dan Maha Pengasih.


English:

Bible Reading: Deuteronomy 32-34

The Lord knows the Israelites and He knows that they are a stiff-necked nation, who is easy to follow idols and not to follow the Word of God, especially when they are in their comfort zone. That's why the Lord warned them through a song that they need to pass down. In this song, there is rebuke, and also things to remind the Israelites of the Lord who leads them, the Lord who brought them our of Egypt. Truly, through this song, the Lord has given them a way out and also a warning for them to keep watch so that they would not fall into sin. This is the love of the Lord to His people.

The same thing applies in our lives. How many times after we sinned, we realise that the Lord had warned us to keep watch? Or, how many times we realise when we got something, the Lord had prepared it from the events in the pasts? We need to understand that the Lord knows us and He knows of the future and that is why many times, He sends help, warning, way out or teaching to us, to prepare us for the future. And this will continue on until we meet Him. This is the love of the Lord to us. He who always takes care and cares of our lives will always sends help, teaching and warning so that we would grow stronger and would not fall into sin.

Therefore, let us learn not to just see what's in front of us now, but let us realise that what we experience not, what we are going through, all of this is useful for the future. Let us believe that the Lord is preparing us for our future in Him. Blessed be the Lord, the All-knowing God and the All-loving God.

No comments:

Post a Comment