Sunday, August 28, 2011

Kepala Bukan Ekor | Heads And Not Tails

Indo:

Pembacaan Alkitab: Hakim-Hakim 11-12

Yefta adalah anak yang dilahirkan dari perempuan sundal dan hal itu sangat memalukan di bangsa Israel dan karena itu Yefta diusir oleh sanak-saudaranya dari keluarganya. Dapat dikatakan bahwa Yefta adalah seseorang yang terbuang dan tidak diinginkan. Tetapi justru Tuhan mengambil orang-orang seperti Yefta dan menjadikannya orang besar,, bila orang itu takut akan Tuhan, taat dan setia seperti Yefta yang mencari Tuhan dahulu sebelum ia berperang melawan Bani Amon.

Mungkin kita merasa terkucilkan, merasa lemah, tidak berdaya dan menjadi buangan masyarakat, tetapi Tuhan tetap mengasihi kita dan mengangkat kita, sehingga kita yang tadinya adalah ekor menjadi kepala. Hanyalah kita perlu untuk mendahulukan Tuhan di dalam kehidupan kita. Sadar bahwa memang tanpa Tuhan kita ini bukan apa-apa dan kita dapat menjadi seseorang atau melakukan sesuatu hanya karena Tuhan yang memimpin dan memberikannya kepada kita. Oleh sebab itu, muliakanlah Tuhan dengan kehidupan kita. Sebab Tuhan mengubah yang bobrok dan hancur untuk menjadi indah dan mulia. Kita mungkin sudah sampai seperti Yefta yang sudah menjadi pemimpin Israel, atau mungkin kita masih dalam perjalanan menuju ke sana. Apapun keadaan dan situasi kita, biarlah Tuhan yang memimpin kita sehingga hidup kita dipakai untuk meninggikan Tuhan.

Percayalah dan berserahlah kepada Tuhan, sebab Ialah yang mengubah keadaan dan menjadikan kita sebagai kepala dan bukan ekor.


English:

Bible Reading: Judges 11-12

Jephthah is the son who was born from a harlot and this is a shameful things in Israel and because of that Jephthah is driven out from the house by his family. It can be said that Jephthah is an outcast and unwanted. But the Lord takes these kinds of people and make them to become a great person, if they fear the Lord, faithful and obedient like Jephthah who sought the Lord before going to war against the Amonites.

Maybe we feel ignored, weak, can't do anything successful and felt like an outcast of the community, but the Lord still loves us and takes us so that we who were tails becomes heads. Our part is to first prioritise the Lord in our lives. Realise that without the Lord we are nothing and we can become someone or do things because of the Lord who leads and gave it to us. Therefore, glorifythe LOrd with our lives. Because the Lord turns those who are broken to become beautiful and worthy. We may be like Jephthah who have become the leader of Israel, or we may be still on the road getting there. Whatever our conditions and situations are, let the Lord lead us so that our lives may be used to lift the Lord on high.

Believe and surrender to the Lord, because He is the one who changes situations and makes us as heads and not tails.

No comments:

Post a Comment