Thursday, August 18, 2011

Kabar Burung | Word of Mouth

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yosua 21-22

Ketika orang Israel mendengar bahwa sebagian dari mereka yang tinggal di sebrang sungai Yordan,yakni bani Ruben, Gad dan setengah dari Manasye, membangun mezbah,maka seluruh Israel menjadi marah karena mereka berpikir bahwa bani Ruben, Gad dan setengah dari Manasye itu berbalik dari Tuhan. Mereka bahkan pergi dengan maksud berperang dan memusnahkan tanah milik mereka. Mereka tidak langsung menyerang, tetapi menanyakan hal itu dahulu kepada mereka, yakni, mengapa mereka mendirikan mezbah itu. Setelah dijelaskan, maka Israel tidak jadi menyerang bangsa mereka sendiri dan mereka kembali damai satu antar lain.

Seringkali, di dalam kehidupan kita, kita dengar kabar burung tentang teman-teman kita maupun saudara-saudara kita. Dan karena kabar burung itu, kita menjadi berasumsi bahwa mereka telah melakukan suatu hal yang jahat. Bahayanya adalah bahwa dengan asumsi yang kita miiki, seringkali kita menjadi menghakimi orang itu tanpa kita mencari tahu dahulu kebenarannya. Tetapi marilah kita belajar dari kebijaksanaan yang di ambil oleh Israel, yaitu, mereka mengirimkan beberapa wakil untuk berbicara dahulu dengan bani Ruben, Gad dan setengah dari Manasye itu untuk mencari tahu kebenarannya baru memutuskan apakah perlu untuk menumpaskan negeri yang mereka tinggali atau tidak. Yang perlu kita lakukan adalah untuk berbicara dengan saudara-saudara atau teman-teman kita bila memang kita mendengar kabar burung itu. Dan sebagai yang di tanya, kita juga tidak seharusnya langsung marah, tetapi biarlah kita jelaskan akan tindakan kita atau kabar burung itu. Sehingga kita tidak membuat peperangan antar saudara atau teman. Tetapi yang terpenting adalah untuk kita meminta hikmat dari Roh Kudus untuk mengatasi hal-hal yang kita alami, baik itu mempertanyakan kabar burung itu atau yang di tanya. Sebab itu adalah salah satu peranan Roh Kudus yang telah di kirimkan bagi kita, yakni untuk mempimpin kita.

Jadi, janganlah kita menghakimi karena kabar burung, tetapi biarlah kita bicarakan dengan damai satu dan yang lainnya.


English:

Bible Reading: Joshua 21-22

When the Israelites heard that some of them who lives on the other side of the Jordan river, that is Reuben, Gad and half of Manasseh, built an altar, then the whole Israelites became angry because they thought that their brethren have turn unfaithful towards God. They even went with the intention to go to war to destroy the land. They did not attack them straight away, but they asked first about the matter, that is, why they built that altar. After it was explained, Israelites withdrew from attacking their own people and were in peace with one another.

Many times, in our lives, we hear word of mouth about our friends or families. And because of that word of mouth, we assumed that they have done something wrong or wicked. The danger is that with that kind of assumption, many times we tend to judge them without trying to find the truth first. But let us learn from the wisdom of the Israel, that is, they sent a few people to talk to their brethren first to find out the truth as to why they built the altar, then decide their action based on that truth. What we need to do is to talk with our families or friends if we do hear those word of mouth that is going around about them. And if we are asked concerning word of mouth about us, we also should not be angry but let us explain our action or those word of mouth. So that we wouldn't start a war within our families or between friends. But the most important is for us to ask for wisdom from the Holy Spirit to handle what we are facing, may it be asking the truth or being asked about the truth concerning the word of mouth that is going around. Because that is one of the role of the Holy Spirit Whom has been sent for us, that is to lead us.

So, do not judge because of a word of mouth, but let us talk about it in peace between one another.

No comments:

Post a Comment