Monday, August 15, 2011

Memperluas Batas Tanah-Mu | Expanding Your Territory

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yosua 17-18

Terkadang keadaan kita seperti Suku Manasye dan Efraim dalam kejadian di sini. Mereka telah dibagikan hak milik pusaka mereka dan setelah mereka tinggal, mereka merasa tidak cukup karena memang orang mereka banyak. Tetapi yang mereka tidak ketahui adalah bahwa masih ada tanah-tanah yang belum menjadi milik mereka dan mereka perlu untuk pergi dan merebutnya sebagai milik mereka. Dan tanah-tanah yang akan direbut itu memiliki kereta besi dan kuat, tetapi bila dengan tangan Tuhan yang menyertai mereka, maka mereka akan dapat menduduki tanah-tanah itu.

Bila hal yang terjadi terhadap Manasye dan Efraim diterjemahkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari, terkadang kita ada bagian yang Tuhan telah berikan kepada kita dan ada bagian yang telah kita gumuli untuk kita dapatkan sebagai hak milik kita yang Tuhan telah tetapkan. Tetapi sebenarnya masih ada lagi yang masih belum kita raih dari apa yang Tuhan rencanakan. Kita masih belum mencapai 100% apa yang Tuhan rencanakan, dan kita tahu karena kita merasa sepertinya bisa berkembang tetapi tidak dapat atau takut. Tetapi bila kita terus berjalan bersama Tuhan, mengikuti Firman dan kebenaran-Nya, maka kita tidak perlu takut, sebab Tuhan yang berperang bagi kita.

Oleh sebab itu, biarlah kita lihat kehidupan kita dan lihatlah akan bagian-bagian yang masih dapat berkembang sehingga tenda dan kemah kita dapat diperluas seperti yang Tuhan telah rencanakan. Janganlah kita menjadi takut akan apapun yang mungkin menghalangi kita, tetapi bila memang itu bagian kita dari Tuhan, maka bersama Tuhan kita akan meraihnya. Percayalah dan bersandarlah selalu kepada Tuhan dan perlebarlah kehidupanmu sesuai dengan rencana Tuhan.


English:

Bible Reading: Joshua 17-18

Many times our condition is the same as Manasseh and Ephraim here. They have been given lands as their inheritance but they felt that it's not enough because they are many. But what they did not know was that there are still lands that have not become theirs yet and they need to go and subdue it as theirs. And these lands that needs to be subdued have iron chariots, but with the hands of the Lord guiding them, then they will subdue the lands.

If this is translated into our daily lives, many times there are things that the Lord had given to us and there are things that we have struggled through to obtain as our inheritance or part that the Lord had planned. But in reality there are still more that we haven't obtained or reached yet, from the Lord's plan. We have not yet reached 100% of what the Lord had planned for us and we know because we feel as if we can still grow and expand but we just can't or afraid. But if we keep on walking with the Lord, following His Word and truth, then we won't have to be afraid because the Lord is the One who fights for us.

Therefore, let us look at our lives and see the parts where we can still grow and expand so that our tents may be expanded as the Lord had planned. Do not be afraid of what may come to hinder us, but if it is our part from the Lord, then, with the Lord we will reach it. Believe and always rely on the Lord and expand your life according to the plan of the Lord.

No comments:

Post a Comment