Tuesday, October 18, 2011

Yang Meninggikan Diri Akan Direndahkan | Those Who Boasts Of Himself Will Be Humbled

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Raja-Raja 1

Adonia, yang adalah anak tertua dari Daud karena Absalom telah mati. Secara umur, tentunya Adonialah yang seharusnya menjadi raja setelah Daud. Tetapi Daud belum berkata apa-apa kepada orang banyak tentang siapa yang akan menjadi raja menggantikannya. Sedangkan Adonia ini meninggikan dirinya dan menginginkan tahta untuk dirinya sendiri sehingga ia menyembelih  lembu-lembu tambun dan mengadakan pesta untuk kenaikannya menjadi raja. Ia membuat-buat sendiri akan kenaikannya tanpa ada persetujuan raja dan para penasihatnya ataupun imam dan nabi yang dekat dengan raja Daud. Dan akhirnya ia sendiri dipermalukan oleh karena ia telah meninggikan dirinya sendiri.

Betullah Firman Tuhan yang mengatakan bahwa mereka yang meninggikan diri akan direndahkan oleh Tuhan. Marilah kita belajar dari Adonia ini agar kita tidak menjadi sombong ataupun meninggikan diri kita sendiri di hadapan orang banyak. Tetapi biarlah kita seperti Salomo yang tetap tenang samapi waktunya tiba untuk Tuhan sendiri yang mengangkat dirinya menjadi raja. Mari kita buang segala harga diri yang tinggi, gengsi, kesombongan dan tinggi hati yang masih ada di dalam hati dan hidup kita dalam segala aspek kehidupan kita. Sehingga kita benar-benar mengecil sehingga Tuhan yang ditinggikan dan bertahta atas hidup kita.


English:

Bible Reading: 1Kings 1

Adonijah is the oldest son of David because Absalom is dead. By age, of course Adonijah is next in line for kingship after David. But David has no said anything to his people about who will become king after him. While Adonijah lifted himself up and wanted the throne for himself that he went and sacrificed fattened calves to have a celebration of his rise as king. He created those himself without the agreement from the king and his advisors or priest or prophets who are close to king David. And in the end, he is made humbled because he has lifted himself up.

The Word of God is true that said that those who boasts of himself will be humbled by the Lord. Let us learn form Adonijah so that we would not boasts of ourselves or lift our selves up above others. But let us learn to be like Solomon who stayed calm until it is time for the Lord to lift him up as king. Let us throw away all pride, boastfulness in our hearts and lives in all aspects. So that we would really become small and the Lord be lifted high and reign in our lives.

No comments:

Post a Comment