Saturday, October 8, 2011

Jangan Menutup-nutupi Dosa | Do Not Try To Cover Sins

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Samuel 11-12

Daud menjadi kalang kabut ketika mendengar bahwa Batsyreba mengandung. Ia menjadi takut dan mulai memikirkan segala cara untuk menutupi dosa yang telah dilakukannya itu. Ia memangil Uria, suami Batsyeba, kembali dari perang dan mencoba membujuknya untuk kembali ke rumahnya dan itdur dengan istrinya dan dengan begitu Daud mencoba untuk menutupi dosa percabulannya. Ketika itu tidak berhasil, Daud memilih jalan terakhir, yaitu bahwa Uria harus mati dan Daud merencanakan sedemikian rupa agar Uria mati di medan perang.

BIle kita lihat perbuatan Daud yang kalang kabut mencoba menutupoi kesalahannya, apakah kita melihat diri kita yang juga seringkali menjadi panik dan kalang kabut ketika kesalahan kita hampir ketahuan orang atau mulai terlihat dan hampir terbongkar? Bila kita melakukan hal yang sama, maka itu tidak akan membuahkan apa yang baik, tetapi justru akan menuju kepada dosa yang lainnya lagi. Maka dari itu, marilah kita bertobat daripada mencoba menutupi kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa kita. Biarlah kita jangan makin terjerumus ke dalam dosa karena kita merasa malu atau ingin menjaga nama baik kita di hadapan orang. Biarlah kita bertobat dengan segera setelah kita sadar kita melakukan dosa, seperti Daud yang bertobat setelah ditegur oleh nabi Natan. Ingatlah agar kita langsung bertobat dan jangan menutupi kesalahan dan dosa kita dengan kesalahan dan dosa yang  berbeda. Bila kita berdosa, maka kita juga harus berani menanggung akibatnya, tetapi bila kita bertobat maka kita akan dapat meminta kekuatan untuk melewati tanggungan dari dosa itu. Terpujilah Tuhan yang masih mau menegur kita ketika kita berbuat dosa.


English:

Bible Reading: 2Samuel 11-12

David became frantic when he heard that Bathsheba is pregnant. He became afraid and start to thing of ways to cover and hide his sin. He called Uriah, the husband of Bathsheba, coming back from war and tried to persuade him to go back home and sleep with his wife and so David is trying to cover his sin of adultery. When it did not work, David went to the last resort that Uriah must die and David planned it so that Uriah will die at war.

If we see when David went frantic and did things to cover up his wrong-doings, do we see ourselves who also many times, goes frantic when our wrong-doings are started to be seen and almost found out? If we have done the same thing, then it would not produce what is good, but it will keep on leading to more sins. Therefore, let us repent instead of trying to cover up our wrong-doings and sins. Do not let ourselves be drawn or fall into more sins because we feel ashamed and have to cover up or want to keep a good reputation amongst your community. Let us repent immediately after we realise that we have sinned, just like David who repented immediately when the Lord rebuked him through Nathan. Remember to always immediately repent and do not cover up our wrong-doings and sins with more wrong-doings and more sins. If we sinned, we must also want to take then consequences, but if we repent, we will be able to ask for strength to go through the consequences. Blessed be the Lord who still wants to rebuke and correct us then we sinned.

No comments:

Post a Comment