Sunday, October 9, 2011

Raja, Pemimpin & Bapa | A King, A Leader & A Father

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Samuel 13-14

Dalam kejadian antara Amnon, Tamar dan Absalom, tidak ada dari Amnon atau Absalom yang datang kepada Raja Daud untuk meminta pertolongan ataupun petunjuk. Ketika Amnon jatuh citna kepada Tamar, ia memiliki pilhan untuk pergi menghadap Daud dan meminta petunjuk atau nasihat terhadap apa yang ia hadapi atau mendengarkan nasihat Yonadab yang salah. Bahkan ketika Tamar mengingatkannya lagi untuk mencari Daud dan meminta petunjuk darinya, Amnon menghiraukannya. Begitu juga dengan Absalom, karena bencinya terhadap Amnon yang telah memperkosa dan menodai adiknya, Tamar, ia tidak mencari keadilan dari Daud, tetapi ia mengambil keputusan di tangannya sendiri dan akhirnya ia menodai tangannya dengan membunuh Amnon. Amnon dan Absalom memiliki seorang raja , pemimpin dan bapa yang dapat menasihati, memberikan petunjuk dan jalan keluar, tetapi mereka mengandalkan pikiran sendiri dan merasa dapat menanganinya sendiri. Tetapi akhirnya mereka berdua berdosa dan melakukan hal yang menyedihkan hati Daud, raja, pemimpin dan bapa mereka. Dan kesalahan yang Amnon dan Absalom sama-sama lakukan adalah bahwa mereka mengambil keputusan dan tindakan berdasarkan emosi mereka pada saat itu, Amnon yang diliputi oleh hawa nafsu dan Absalom yang dipenuhi oleh kebencian.

Seringkali kita juga melakukan hal yang sama terhadap Raja, Pemimpin dan Bapa kita yang di Surga. Ia selalu ada untuk mendengarkan, siap memberi nasihat dan petunjuk, tetapi kita tidak datang kepada-Nya untuk membincangkan hal yang kita sedang hadapi. Kita lebih sering untuk mengambil keputusan sendiri yang tidak bijak dan penuh dengan emosi. Mungkin kita sedang marah, atau ada kebencian, kepahitan, hawa nafsu dan sebagainya, dan hal-hal itu mempengaruhi keputusan dan tindakan kita. Mari kita belajar dari Amnon dan Absalom. Mari kita belajar untuk menenangkan diri dan tidak mengikuti emosi kita. Tetapi biarlah kita selalu datang kepada Tuhan untuk meminta petunjuk, nasihat akan hal-hal yang kita hadapi. Janganlah kita berpikir bahwa Tuhan tidak akan sempat atau bahwa ktia sanggup menanganinya sendiri, sebab dengan begitu kita tidak lagi merasa bahwa kita membutuhkan Tuhan dan hilanglah iman kita.

Jadi, biarlah kita datang kepada Tuhan akan segala hal yang kita hadapi untuk meminta petunjuk dan nasihat, sebab Tuhan Yesus Kristus adalah Raja, Pemimpin dan Bapa yang perduli dan mengasihi kita.


English:

Bible Reading: 2Samuel 13-14

In the incident between Amnon, Tamar and Absalom, none from Amnon or Absalom who came to King David to ask for help or guidance. When Amnon fell in love with Tamar, he had a choice to go to David and ask for guidance and advice or listen to the advice of Jonadab which is the wrong advice. Even when Tamar remind him again to speak to David, he ignnored it. The same thing also with Absalom, because of his hatred towards Amnon who had raped his sister, Tamar, he did not seek justice from David but took matters in his own hand and in the end he tainted himself by killing Amnon. Amnon and Absalom had a king, a leader and a father who can give advice, guidance and way out, but both of them relied on their own thinking and felt that they could handle it alone. But inthe end they both sinned and did something that saddened David's heart. And the mistake that Amnon and Absalom made is that they acted based on their emotion at that moment, Amnon who is shrouded by lust and Absalom who is shrouded by hatred.

Many times we also do the same thing towards our Heavenly King, Leader and Father. He is always there to listen, ready to give advice and guidance, but we do not come to Him to talk about the things we are facing. We tend to our own decision which are not wise and full of emotion. Maybe we are angry, or there's a hatred, bitterness, lust and etc, and these things affect our decisions and actions. Let us learn from Amnon and Absalom. Let us learn to calm ourselves down and not to follow our emotion. But let us always come to the Lord to ask for guidance and advice on things that we are facing. Do not think that the Lord will not have the time or that we can handle it on our own, because that way, we will no longer feel that we need the Lord and our faith will fade away.

So, let us come to our Lord on the things that we are facing to ask for guidance and advice, because the Lord Jesus Christ is our King, Leader and Father who cares and loves us.

No comments:

Post a Comment