Monday, October 10, 2011

Akibat Dosa | Consequences of Sin

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Samuel 15-16

Absalom mencuri hati Israel dan menjadi raja dengan cara yang licik serta mempermalukan Daud dengan cara menghampiri gundik-gundik Daud di depan Israel dan Daud melarikan diri dari Absalom. Bila kita ingat akan pasal-pasal sebelumnya, ketika Daud berdosa dengan menghampiri Batsyeba yang bukan istrinya saat itu, Tuhan menjatuhkan hukuman atas Daud melalui nabi Natan. Dan inilah yang harus dlewati oleh Daud karena dosanya yang dilakukannya itu.

Mungkin ada kejadian yang buruk yang terjadi di dalam kehidupan kita, atau suatu kemalangan yang muncul. Ada beberapa alasan mengapa hal itu terjadi. Salah satunya adalah karena akibat dari perbuatan dosa kita. Jadi, biarlah kita selalu memeriksa hati dan kehidupan kita setiap saat sebab bila memang semua itu dikarenakan oleh dosa yang kita perbuat, maka biarlah kita berdoa meminta petunjuk Roh Kudus untuk kita bertobat dan dapat melewatinya. Sebab mudah untuk kita menyalahkan iblis, sedangkan seirngkali itu akibat dari dosa-dosa kita. Marilah kita juga belajar seperti Daud yang tetap bersandar kepada Tuhan dan berserah kepada-Nya walaupun keadaannya sulit. Daud tetap rendah hati dan tahu bahwa hidup matinya ada di tangan Tuhan dan bila Tuhan memang menghendaki, maka Tuhan yang akan jadikan apapun itu. Daud hanya dapat berserah karena Tuhanlah yang empunya hidup. Jadi, mari kita bersandar kepada Tuhan apapun situasi dan kondisi kita dan tetaplah miliki kerendahan hati dan mau diubah seperti Daud.


English:

Bible Reading: 2Samuel 15-16

Absalom stole the heart of the people of Israel and became king shrewdly and he also made David ashamed by sleeping with David's concubines in front of Israel and David ran away from Absalom. If we remember in the previous chapters, when David sinned by sleeping with Bathsheba who was not his wife at that time, the Lord sent down punishment upon David through the prophet Nathan. And this is what David has to go through because of his sins.

Maybe there are bad things happening in our lives, or a disaster. There are a few reasons why it happened. One of then is because it is the consequences of our sins. So, let us always check our hearts and lives every time because if it is because of our sins, then let us pray for the guidance of the Holy Spirit for us to repent and to go through it. Because it is easy to blame it all on satan, while many times it is the consequences of our sins. Let us also learn from David, who still is relying on the Lord and surrendering to Him even though its in a difficult time. David kept a humble heart and know that life and death is in the hands of the Lord and if the Lord wills it then He will do it whatever it is. David only surrendered because the Lord is the holder of life. So, let us rely on the Lord whatever our situations may be and keep a humble heart and want to be changed like David.

No comments:

Post a Comment