Thursday, October 20, 2011

Meminta Apa Yang Tuhan Kehendaki | Asking For What The Lord Willed

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Raja-raja 3-4

Tuhan berkata kepada Salomo, "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu." Dan Salomo meminta hikmat untuk dapat menjalan panggilannya dalam menjalankan hukum dan memerintah atas Israel, dan Tuhan memberikan kepada Salomo hikmat yang luar biasa. Bahkan Tuhan langsung menunjukkan kuasanya dengan membiarkan dua orang ibu yang bertengkar akan anak siapakah yang masih hidup itu. Sungguh Tuhan itu besar dan penuh kasih karunia-Nya cukup bagi kita. Tuhan bukan hanya berkata bahwa Ia akan berikan apa yang Salomo minta, tetapi Ia langsung buktikan agar Salomo diteguhkan akan janji Tuhan dan akhirnya kita tahu bahwa tidak ada raja yang memiliki hikmat sebesar Salomo.

Tetapi mari kita lihat lebih dalam lagi akan apa yang Tuhan katakan kepada Salomo, yakni, "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.". Di sini, Tuhan tidak berkata kepada Salomo untuk meminta apapun, maka akan diberikan. Tetapi ada sesuatu yang Tuhan telah siapkan bagi Salomo dan Tuhan ingin agar Salomo meminta hal itu, yakni meminta kehendak Tuhan, isi hati Tuhan yang memang sudah disediakan bagi Salomo. Tuhan ingin agar Salomo meminta akan apa yang ada di hati-Nya untuk Salomo agar ia dapat menyelesaikan panggilan yang Tuhan berikan. Marilah kita juga meminta hal yang sama, yaitu apa yang Tuhan telah siapkan dan hendak berikan kepada kita. Kita tahu bahwa Tuhan telah menyiapkan segalanya yang kita perlukan untuk kita, kita hanya perlu meminta dengan iman kepada Tuhan dan dalam waktu-Nya yang tepat, Ia akan berikan. Tetapi bila kita tidak mengenal Tuhan dan tidak mengenal panggilan dan rencana-Nya untuk kita, maka yang kita minta dari Tuhan hanyalah apa yang kita kehendaki dan bukan apa yang Tuhan kehendaki. Oleh sebab itu, marilah kita terus bangun hubungan yang erat dengan Tuhan agar kita mengenal panggilan dan kehendak-Nya bagi kita sehingga kita dapat meminta apa yang hendak Ia berikan kepada kita dan bukan apa yang kita kehendaki.


English:

Bible Reading: 1Kings 3-4

The Lord said to Solomon, " Ask what I shall give you" (ASV). And Solomon ask for wisdom to be able to fulfill his calling in executing law and judging Israel and the Lord gave Solomon a great wisdom. The Lord even went and proved it by letting two women who are arguing about who's baby is the one who is still alive. Truly the Lord is great and His grace is enough. The Lord not only says that He will give what Solomon asks for, but He also proved it straight away so that Solomon is strengthen upon His promises and in the end we know that there is no other king who has the kind of wisdom that he had.

But let us look closely upon what the Lord said to Solomon, that is, "Ask what I shall give you". Here, the Lord did not say to Solomon to ask for whatever he wants and that the Lord will give it to him. But there is something that the Lord had prepared for Solomon and the Lord wanted Solomon to ask for that thing, that is to ask for the Lord's will, His heart that has been prepared for Solomon. The Lord wants Solomon to ask for what He has in His heart for Solomon so that he may fulfill the calling the Lord had given to him. Let us also ask for the same thing, that is what the Lord had prepared and wants to give to us. We know that the Lord had prepared everything that we need for us, we only have to ask with faith and in due time He will give it. But if we do not know the Lord and do not know His plans and calling for us, then what we ask for is what we want and not what the Lord wills. Therefore, let us keep on building an intimate relationship with the Lord so that we would know His calling and Will for us so that we would ask for what He will give to us and not what we want.

No comments:

Post a Comment