Friday, October 28, 2011

Mengikuti Peintah Tuhan | Following God's Command

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Raja-Raja 13-14

Bila kita melihat kisah kehidupan yang singkat dari abdi Allah yang menyampaikan Firman Tuhan kepada Yeroboam, kita dapat belajar sesuatu daripadanya. Abdi Allah ini mendapatkan Firman dari Tuhan untuk menyampaikan Firman Tuhan kepada Yeroboam dan juga agar ia tidak makan atau minum dari tempat itu ataupun berjalan balik melalui jalan yang sama. Ia melakukan hal yang Tuhan perintahkan sampai pada saat di mana ada seorang nabi tua yang datang menghampiri dia dan berbohong kepadanya soal datang ke rumah nagi tua itu untuk makan dan minum. Akibatnya abdi Allah ini melanggar titah Tuhan dan mati mengenaskan.

Seringkali kita melakukan kesalahan yang sama dengan abdi Allah ini. Kita memang taat kepada Tuhan,tetapi bila ada seseorang yang kita kenal sebagai orang yang mengenal Tuhan dan bahkan hamba  Tuhan, kita langsung mengikuti apa yang dikatakannya hanya karena ia seorang hamba Tuhan. Padahal yang perlu dilakukan pada saat itu adalah menanyakan hal itu kepada Tuhan. Sebab Tuhan tidak memberikan Firman yang kontradiksi. Bila abdi Allah itu dititahkan oleh Tuhan untuk tidak makan dan minum, maka seharusnya ia tidak mempertanyakan atau melanggar titah Tuhan itu, walaupun yang meminta ia untuk makan dan minum itu hamba Tuhan juga. Bila memang berkontradiksi, maka kita perlu untuk kembali kepada Tuhan untuk mempertanyakannya dan bukan langsung menyetujuinya.

Jadi, marilah kita selalu bersandar kepada Tuhan dalam segala hal dan bila kita mendapatkan pesan-pesan yang berbeda-beda, biarlah kita kembali kepada Tuhan untuk meminta pewahyuan akan jalan yang Tuhan ingin kita tempuh. Sebab manusia masih dapat melakukan kesalahan tetapi bila Roh Kudus yang berbicara maka tidak ada kesalahan. Ingatlah bahwa Tuhan no. 1 di kehidupan kita dan bukan manusia, jadi apapun perintah Tuhan, itu adalah mutlak dan patut kita taati dengan setia sampai akhirnya dan tidak berhenti di tengah jalan.


English:

Bible Reading: 1Kings 13-14

If we look at the short story of the man of God who passed on the Word of God to Jeroboam, we can learn something from him. This man of God received a Word from the Lord to pass on to Jeroboam and also so that he would not eat nor drink and would go back through a different route. He did all this until there was a prophet who came to him and lied to him about coming to his house to eat and drink. As a consequence, this man of God died terribly.

Many times we do the same mistake as this man of God. We may be obedient to the Word of God, but if there is a person that we know as someone who know God personally and even a servant of God, we tend to immediately follow what that person says. While what we need to do at that moment is to raise the matter to the Lord and asks of Him. Because the Lord do not give Words that contradicts. If the man of God was commanded to not eat nor drink, then he shouldn't have to questioned or disobeyed the command of the Lord, even though the one who asks him to eat and drink is also a servant of God. If it is contradicting, then we should come back to the Lord and asks of Him and not to immediately agree.

So, let us always rely on the Lord in all things and if we receive different messages, let us come back to the Lord to ask of His revelation on the path He wants us to take. Because men can still make mistake but if the Holy Spirit speaks, then there is no mistake. Remember that the Lord is no.1 in our lives and not men, so whatever command that comes from the Lord, it is absolute and should be obeyed with faithfulness until the end.

No comments:

Post a Comment