Tuesday, October 11, 2011

Uang vs Tuhan | Money vs God

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 16

Tuhan Yesus mengajarkan kepada orang banyak agar mereka tidak menjadi hamba uang, tetapi justru Tuhan ajarkan agar uang yang menjadi hamba mereka. Tuhan membiarkan adanya uang di dunia bukan untuk mengikat kita, tetapi agar kita dapat mempergunakannya untuk menjalankan hidup dan untuk menjalin persahabatan. Jadi, bukan kita yang menjadi hamba uang, tetapi uang yang menjadi hamba kita. Lebih lagi, Tuhan mengajarkan agar kita setia terhadap hal-hal yang kecil dan terutama kepada soal uang, sebab jika kita tidak setia soal uang, maka kita tidak akan dapat setia soal kerajaan Allah.

Tuhan Yesus tahu bahwa banyak orang yang terikat oleh uang dan karena itu Ia menegur dan mengajarkan kita soal uang. Maka dari itu, marilah kita periksa hati dan kehidupan kita. Apakah kita terikat akan uang dan kita menjadi hamba uang, ataukah kita yang mempergunakan uang dan uang yang menjadi hamba kita? Apakah kita setia dalam hal uang? Yakni, apakah kita jujur dalam menangani uang? Apakah kita setia dalam memberikan perpuluhan, pesembahan sulung dan sebagainya? Apakah kita rela memberikan segalanya bila Tuhan memintanya? Bila kita tidak rela, maka kita masih menjadi hamba uang, dan kita menyembah mamon. Sedangkan Tuhan ajarkan bahwa kita tidak dapat menyembah dua tuan. Bila kita menyembah mamon, maka kita tidak menyembah Tuhan dan sebaliknya. Oleh karena itu, marilah kita setia akan hal uang, jadikan uang hamba kita dan bukan tuan kita dan biarlah Tuhan yang menjadi Tuan atas hidup kita. Sembahlah Tuhan Yesus Krsitus dan bukan yang lain-lainnya.


English:

Bible Reading: Luke 16

The Lord Jesus taught the crowd so that they would not be a slave to money, but the Lord taught them to make money their slave. The Lord let money be in this world, not so that we would be bound by it, but so that we may use it to live and to make friends. So it is not us who becomes the slave of money, but it is money that becomes our slave. Moreover, the Lord taught us to be faithful in little things, especially about money, because if we are not faithful about money, how can we be faithful about the kingdom of God?

The Lord Jesus knows that many people are bound by money and because of that He rebukes and teaches us about money. Therefore, let us check our hearts and lives. Are we bound by money and becomes the slave of money, or do we use money and money is our slave? Are we faithful with regard to money? That is, are we honest when we handle money? Are we faithful in giving tithes, first fruit offering and others? Are we willing to give all of it if the Lord asks? If we are not willing, then we are still slave to money and we are worshiping mammon. The Lord teaches us that we cannot worship two gods. If we worship mammon, then we do not worship the Lord and vice versa. Therefore, let us be faithful with regard to money, make money our slave and not our god and let the Lord be our God over our lives. Worship the Lord Jesus Christ and not others.

No comments:

Post a Comment