Tuesday, October 25, 2011

Kebun Anggur & Hasilnya | The Vineyard & Its Fruits

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 20

Seperti perumpamaan yang Tuhan Yesus berikan tentang kebun anggur yang disewakan kepada penggarap-penggarap, begitu juga Tuhan memberikan kepada kita masing-masing sebuah kebun anggur, yakni kehidupan kita. Tuhan ingin agar hidup kita ini berbuah seperti kebun anggur, berbuah dengan limpah. Buah-buah ini termasuk berkat jasmani seperti uang, pekerjaan, bisnis, kesuksesan dan juga hal-hal seperti damai sejahtera, sukacita, karakter yang dibentuk oleh Tuhan, talenta-talenta, jiwa-jiwa baru untuk Tuhan. Bila Tuhan berikan kebun anggur kepada kita, maka Tuhan mempercayakan kepada kita masing-masing sebuah tanggung jawab untuk memeliharanya sehingga berbuah lebat. Oleh sebab itu marilah kita terus pelihara hidup kita sesuai dengan Firman Tuhan, ditaburi dengan Firman Tuhan, disirami setiap hari dengan Roh Kudus dan memotong bagian-bagian yang perlu dipotong, menggarap tanah yang perlu di garap dan sebagainya.

Tetapi tidak berhenti sampai di sana. Tuhan Yesus berlanjut dengan mengatakan bahwa ketika Ia meminta sebagian dari hasil yang kita dapatkan, kita tidak mau memberikannya kepada-Nya. Seringkali kita berlaku demikian. Berkat yang kita terima kita anggap milik kita sendiri dan kita tidak rela untuk memberikannya kepada Tuhan. Hal ini bukan hanya uang, atau talenta, tetapi juga termasuk anak yang Tuhan percayakan kepada kita, jiwa-jiwa yang Tuhan percayakan kepada kita, pelayanan-pelayanan, pekerjaan, bisnis dan sebagainya. Kita harus belajar untuk melepaskan dan mengerti bahwa apa yang kita miliki, itu semua dari Tuhan dan Tuhan yang percayakan kepada kita untuk sementara waktu. Bila sudah tiba waktunya untuk Tuhan meminta kembali atau ingin dilepaskan dari tangan kita, maka kita perlu rela untuk melepaskan. Jadi, mari kita lihat apa saja yang masih kita pegang erat-erat di dalam hidup kita ini. Bila Tuhan memintanya daripada kita, saat ini, hal-hal apa saja yang kita masih akan tidak rela melepaskan dan bahkan bernegosiasi dengan Tuhan? Biarlah kita ubah pikiran kita sehingga kita tidak menganggap bahwa itu hanya milik kita, tetapi ingatlah bahwa semuanya daripada Tuhan.

Jadi, biarlah kita perlihara kebun anggur, yakni, kehidupan kita ini dan segala hal-hal yang sudah Tuhan percayakan kepada kita dan biarlah kita berikan hasilnya, yakni, bagian yang Tuhan inginkan, sebab kita hanyalah pekerja-pekerja-Nya.


English:

Bible Reading: Luke 20

Just like the parable that the Lord Jesus taught about the vineyard that was rented to farmers, the Lord also gave each one of us a vineyard, that is our lives. The Lord wants our lives to be fruitful like the vineyard, be fruitful in abundance. These fruits includes physical blessings such as money, work, business, successes and also things like peace, joy, character that is shaped by the Lord, talents, souls for the Lord. If the Lord gave to us a vineyard, the Lord is entrusting us with a responsibility to take care of it so it would bear much fruits. Therefore let us keep on taking care of our lives according to the Word of God, be sown by the Word of God, be watered by the Holy Spirit and trimming the parts that needs to be trimmed, working the soil that needs to be worked upon and etc.

But it did not stop there, the Lord Jesus continues by saying that when He asks for a part of the fruits that we obtained, we do not want to give it to Him. Many times we are like that. The blessings that we receive we took it as our own and we are not willing to give it to the Lord. These things are not only money and talents, but also includes our children that the Lord has entrusted to us, souls that the Lord has entrusted to us, ministries, work, businesses and others. We need to learn to let go and understand that what we have comes from the Lord and the Lord is entrusting it to us for a period of time. If the time comes for the Lord to ask it back of want to be release from our hands, then we need to be willing to let it go. So let us look at the things that we are still holding on tightly in our lives. If the Lord asks of us right now, what are the things that we still are not willing to let go and even negotiate with the Lord? Let us change our mindset so that we would not think that it is only ours, but remember that all of it comes from the Lord.

So, let us take care of the vineyard, that is, our lives and all the things that the Lord has entrusted to us and let us give its fruits, that is the parts that the Lord wants, because we are just His workers.

No comments:

Post a Comment