Wednesday, October 5, 2011

Hati Yang Bersyukur | A Thankful Heart

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Samuel 7-8

Daud memang memiliki hati yang berbeda dengan Saul dan raja-raja sesudahnya. Di sini kita dapat lihat bahwa Daud memiliki hati yang ingin menyenangkan Tuhan. Ia melihat bahwa ia tinggal di tempat yang mewah sedangkan Tabut Perjanjian Allah adanya hanya di dalam kemah dan Daud ingin agar Tuhanoun dapat tinggal di tempat yang mewah pula. Masakan Daud yang adalah ciptaan-Nya tinggal di tempat yang lebih indah di bandingkan dengan Tabut Perjanjian Allah yang melambangkan Allah sendiri? Bukan hanya itu saja, tetaoi ketika Tuhan memberitahukan kepada Daud akan rencana-Nya untuk mengkokohkan keturunannya sebagai raja atas Israel turun temurun, maka Daud benar-benar penuh ucapan syukur. Dari ucapan syukur Daud kita dapat melihat bahwa Daud sebenarnya sudah merasa lebih dari cukup akan apa yang Tuhan telah berikan dan lakukan terhadap hidupnya, tetapi sekarang Tuhan masih mau melakukan hal yang lebih besar lagi. Inilah sikap hati yang kita juga perlu belajar dari Daud. Yakni sikap hati yang penuh dengan ucapan syukur kepada Tuhan akan segala sesuatunya, baik itu terlihat baik atau buruk, sebab kita tahu bahwa tanpa Tuhan, maka kita hiduppun tak dapat.

Bagaimana dengan sikap hati kita? Apakah kita merasa sangat bersyukur kepada Tuhan karena kita masih ada hari ini? Ataukah kita merasa bahwa Tuhan masih belum memberikan cukup untuk kita? Apakah kita sadar bahwa tanpa Tuhan hiduppun kita tidak dapat? Ataukah kita merasa hidup ini seharusnya semuanya baik dan sesuai dengan apa yang kita mau? Biarlah kita sadar dan miliki sikap hati seperti Daud, yang penuh dengan ucapan syukur dan rasa terima kasih kepada Tuhan, yang tahu dan sadar bahwa nafaspun dipegang dan diberikan oleh Tuhan. Jadi, biarlah kita hidup setiap hari dengan hati yang bersyukur kepada Tuhan dan ingin menyenangkan hati Tuhan.


English:

Bible Reading: 2Samuel 7-8

David truly has a heart that is different than Saul or the kings after him. From here we can see that David has a heart that wants to please the Lord. He saw that he lives in a luxurious place while the Ark of God dwell only in tents and David wants so that the Lord can live in a luxurious place as well. Why is David who is His creation lives in a place that is more beautiful compared to the ark of God which represents God Himself? Not only that, but when the Lord told David of His plan to make his descendants kings over Israel until the end, then David really is full of thanksgiving. From his thanksgiving we can see that David felt that what he had was more than enough from what the Lord had given to him, but now the Lord still wants to do even more. This is the kind of heart attitude that we can also learn from David. That is a heart attitude that is full of thanksgiving to the Lord upon everything, may it seems bad or good, because we know that without the Lord, we can't even breathe.

What about our hearts attitude? Do we feel thankful to the Lord because we still have today? Or do we feel that the Lord has not given enough for us? Do we realise that without the Lord we can't even live? Or do we feel that this life should all be good and according to what we want? Let us realise and have the heart attitude like David, who is full of thanksgiving and gratitude towards the Lord, who knows and realise that even breath itself is at the palm of the Lord. So, let us live everyday with a thankful heart and wants to please the Lord.

No comments:

Post a Comment