Friday, September 2, 2011

Tuhan Yang Benar Dan Adil | The Righteous And Just God

Indo:

Pembacaan Alkitab: Hakim-Hakim 19-20

Bangsa Israel mengalami perang saudara yang pertama kalinya di sini. Pada waktu yang sebelum-sebelumnya, ketika suku Ruben, Gad dan setengah dari suku Manasye membuat sebuah altar, sisa suku Israel hampir menyerang mereka dan hampir terjadi perang saudara di antara mereka, tetapi karena memang mereka tidak melakukan suatu hal yang melanggar perintah Tuhan, maka Tuhanpun menggagalkan peperangan mereka. Tetapi sekarang ini, perbuatan mesum yang dilakukan oleh suku Benyamin di Gibea itu sangat keji di mata Tuhan. Kejadiannya sendiri serupa dengan kejadian saat malaikat-malaikat Tuhan datang kepada Lot di Sodom dan Gomora. Perbuatan suku Benyamin serupa dengan perbuatan-perbuatan orang-orang Sodom dan Gomora yang telah dilenyapkan karena kejahatan mereka. Oleh karena itu ketika Israel bertanya akan hal berperang melawan suku Benyamin, Tuhan berkata agar mereka pergi berperang. Pada awalnya suku Benyamin di beri kesempatan agar hanya mereka yang berdosa diserahkan untuk dihukum, tetapi seluruh suku Benyamin bersikukuh dan mereka juga maju berperang melawan Israel.

Dari kejadian ini, kita dapat lihat bahwa karena tidak ada pemimpin di Israel, banyak sekali perbuatan-perbuatan jahat yang merajalela di Israel. Dan karena Tuhan itu adalah Tuhan yang adil dan benar, tentunya mereka yang berbuat jahat akan menerima akibatnya. Dan bagi suku Benyamin, Tuhan benar-benar menghukum mereka melalui sisa suku-suku Israel. Tetapi tidak sampai habis lenyap seperti Sodom dan Gomora, oleh karena janjinya terhadap Abraham, Ishak dan Yakub.

Jadi, Tuhan memang Tuhan yang adil dan benar, tetapi Ia juga tetap memegang teguh janji-Nya dan memenuhinya. Dari sini, kita dapat mengenal Tuhan kita lebih lagi dan biarlah kita hidup selalu di dalam kebenaran dan keadilan Tuhan dan bukan di dalam kejahatan dan hawa nafsu manusia.


English:

Bible Reading: Judges 19-20

The Israelites experienced their first war within their own family. In the past, when the tribe of Reuben, Gad and half of Manasseh made an altar, the rest of the Israelites almost went to war with them, but because they did not do something that is against the command of the Lord, the Lord did not allow the war to take place. But now, the men of Benjamin at Gibeah did a wicked thing before the Lord. The event is similar to then the angels of the Lord went to Lot at Sodom and Gomorrah. The wicked deed of Benjamin was similar to the wicked deed of Sodom and Gomorrah which was taken off from the face of the earth because of it.  Therefore when Israelites asked the Lord about going to war against the tribe of Benjamin, the Lord says go. In the beginning, the tribe of Benjamin was given a chance to just surrender those people who did the wicked thing, but the whole tribe was stubborn and went to war against Israelites.

From this we can see that because there is no leader, there are so many wicked things that was done by the Israelites. And because the Lord is the Lord of just and righteousness, they who did the wicked thing will receive its consequences. And for the tribe of Benjamin, the Lord really punish them through the rest of the Israelites. But the Lord did not completely wipe them off the face of the earth like with Sodom and Gomorrah, because of His promise to Abraham, Isaac and Jacob.

So, our Lord is the Lord of just and righteousness, but He is also One who upholds His promises and fulfills them. From here, we can know more about our Lord and let us always live in righteousness and justly in the Lord and not in evil things and the lust of men.

No comments:

Post a Comment