Saturday, September 3, 2011

Hati Yang Penuh Rasa Terima Kasihl | A Heart Full Of Gratitude

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 7

Yesus mengajarkan bahwa mereka yang banyak diampuni akan banyak berbuat kasih. Seperti perempuan yang berdosa yang mencuci kaki Yesus dengan air matanya dan mengurapinya dengan minyak wangi dan menyekanya dengan rambutnya. Perempuan ini melakukan hal ini karena ia tahu bahwa ia dosanya yang banyak itu telah diampuni. Apakah kita seperti perempuan yang mengurapi kaki Yesus ini? Seberapa besarkah rasa terima kasih kita kepada Tuhan yang telah mengampuni segala dosa-dosa kita? Apakah yang kita lakukan untuk menunjukkan rasa terima kasih kita itu?

Marilah kita renungkan hal ini, hidup kita dan sikap kita terhadap Tuhan Yesus Kristus. Apakah kita datang kepada Tuhan hanya jika membutuhkan bantuan? Ataukah kita datang kepada Tuhan karena kita ingin menunjukkan rasa terima kasih kita? Tidak salah jika kita datang kepada Tuhan untuk meminta pertolongan, tetapi jika alasan kita untuk datang kepada Tuhan hanya itu, maka kita menganggap Tuhan seperti jin yang hanya berguna untuk mengabulkan permohonan. Tetapi jika kita datang dengan hati penuh dengan berterima kasih dan ingin menunjukkannya, maka tentunya sikap kita sangat berbeda dan ketika kita meminta pertolonganpun akan lebih ada hormat dan takut akan Tuhan. Tetapi untuk kita dapat datang penuh rasa terima kasih, kita perlu sadar dahulu akan dosa-dosa apa saja yang Tuhan telah ampuni dari kehidupan kita. Ini berarti bahwa kita perlu untuk menyadari dan mengakui kesalahan, kekurangan, kelemahan dan dosa-dosa kita. Tetapi jika kita merasa diri kita baik dan tidak ada cela, maka tentunya kita tidak akan ada rasa berterima kasih kepada Tuhan dan bahkan bisa di katakan bahwa kita sombong, karena kita merasa bahwa kita setara dengan Tuhan karena tidak bercela dan berdosa.

Jadi, marilah kita benar-benar bertobat bila kita masih ada kesombongan dan jika kita datang kepada Tuhan hanya karena butuh pertolongan-Nya. Marilah kita sadari dan akui segala kesalahan, kekurangan, kelemahan dan dosa-dosa kita. Mari juga kita sadari dan akui bahwa semua itu telah diampuni dan dihapuskah oleh darah Tuhan Yesus Kristus. Dengan begitu kita dapat datang kepada Tuhan dengan rendah hati dan hati yang penuh dengan rasa berterima kasih.


English:

Bible Reading: Luke 7

Jesus taught that to those whom, many are forgiven will do much love. Like the woman who washed Jesus' feet with tears, anoint His feet with fragrant oil and wipe it with her hair. This woman did all of this because she knows that she has many sins and all of it has been forgiven. Are we like this woman who anoints Jesus' feet? How much is our gratitude towards the Lord who has forgiven all of our sins? What have we done to show our gratitude?

Let us meditate on this, our lives and our attitude towards the Lord Jesus Christ. Do we come to the Lord only when we need help? Or do we come to the Lord because we want to show our gratitude? It is not wrong to come to ask for help, but if that is the only reason, then we are treating the Lord like a genie who only grants wishes. But if we come with a heart that is full of thanksgiving and wants to show it, then of course our attitude will be different and when we ask for help there will be more reverence. But for us to come with a heart that is full of gratitude, we first need to realise our sins that has been forgiven by the Lord in this life. This means that we need to realise and admit our wrong-doings, what we lack, our weaknesses and our sins. But if we feel that we are good and blameless, then of course we would not have any gratitude towards the Lord and it can even be said that we are arrogant, because we feel that we are the same with the Lord because we are blameless and have no sin.

So, let us really repent if we still have that arrogance and if we come to the Lord only when we need help. Let us realise and admit our wrong-doings, what we lack, our weaknesses and sins. Let us also realise and admit that all of it has been forgiven and wiped by the blood of the Lord Jesus Christ. That way, we can come to the Lord with a humble heart and a heart that is full of thanksgiving and gratitude.

No comments:

Post a Comment