Tuesday, September 6, 2011

Meninggalkan Hidup Lama | Leaving The Old Life Behind

Indo:

Pembacaaan Alkitab: Rut 3-4

Rut sejak awalnya berkata kepada Naomi bahwa bangsa Naomi adalah bangsanya juga dan Allah Naomi adalah Allahnya juga. Sikap inilah yang membuat Rut berbeda dengan perempuan-perempuan yang bukan Israel lainnya. Bila kita ingat akan sejarah Israel, setiap kali mereka mengambil istri dari bangsa lain, Israel jadi ikut menyembah allah mereka dan oleh sebab itu Tuhan memberikan perintah agar mereka tidak kawin mengawinkan dengan bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Tetapi dengan Rut, justru Rut tidak membawa Naomi dan keluarganya untuk menyembah allah Moab, tetapi Rut justru meninggalkan allahnya dan bangsanya dan mengikuti Naomi dan Tuhan. Oleh karena sikap hatinya inilah, Rut masuk ke dalam sejarah Israel sebagai buyutnya Daud yang kita kenal sebagai Raja yang berkenan di hati Tuhan.

Marilah kita belajar dari Rut untuk kita benar-benar meninggalkan segala kehidupan lama kita dan menghidupi kehidupan baru kita di dalam Tuhan. Seperti Rut yang meninggalkan total bangsa dan allahnya dan ikuti adat istiadat Israel dan tata cara Israel dan ikut menyembah Tuhan, marilah kita tinggalkan semua hal-hal yang dulu kita sembah dan segala adat istiadat, cara berpikir yang lama dan biarlah kita ikuti kebenaran Tuhan, cara berpikir yang benar dan dibaharui oleh Roh Kudus. Dengan begitu, kita akan dapat melihat kemuliaan Tuhan di dalam kehidupan kita, sebab tidak ada lagi kehidupan yang lama, yang ada hanyalah lembaran baru yang masih kosong dan dapat di isi dengan berjalan bersama Tuhan.

Jadi, tinggalkan semua yang lama dan hanyalah ikuti Tuhan Yesus Kristus dan kebenaran-Nya.


English:

Bible Reading: Ruth 3-4

From the beginning, Ruth has said to Naomi that Naomi's nation is her nation and Naomi's God is her God as well. This is the attitude that makes Ruth different from all the other women who are not Israelites. If we remember the history of Israel, every time they take a wife from other nations, Israel left God and followed their gods and that is why the Lord gave them a command for them to not take wife from other nations who does not know the Lord. But with Ruth, she did not bring Naomi and her family to worship the gods of Moab, but Ruth actually left her gods and nations and followed Naomi and the Lord. Because of her attitude, Ruth makes her place in Israelites history as the great grandparent of David, whom we know as the King who was after God's heart.

Let us learn from Ruth so that we really leave behind all the old lives and live the new life in the Lord. Just as Ruth who completely left her nations and gods and followed the rules and ways of Israelites and to worship the Lord, let us leave behind all the things we worshiped in the past and all the ways and the old way of thinking and let us follow the truth of the Lord, the right way of thinking which is renewed by the Holy Spirit. That way, we will be able to see the glory of the Lord in our lives because there is no more old lives, what's left is a new leaf which is still empty and can be filled by walking with the Lord.

So, let us leave behind all the old lives and only follow the Lord Jesus Christ and His truth.

No comments:

Post a Comment