Sunday, September 4, 2011

Hidup Tanpa Tuhan | A Life Without God

Indo:

Pembacaan Alkitab: Hakim-Hakim 21

Setelah Israel memukul kalah suku Benyamin, oleh karena perbuatan jahat yang mereka lakukan, mereka merasa kasihan kepada saudara-saudara mereka itu karena tidak ada lagi perempuan yang masih hidup di antara mereka dan Israel telah bersumpah untuk tidak memberikan anak-anak perempuan mereka kepada Benyamin. Oleh karena itu, Israel mengasihani mereka karena bila tidak ada perempuan bagaimana Benyamin dapat meneruskan keturunan mereka? Hati orang Israel pada saat ini baik maksudnya, tetapi mereka tidak mencari Tuhan untuk jawaban dan jalan keluar. Orang Israel melakukan sumpah dan memikirkan cara-cara yang ada untuk mencarikan istri bagi suku Benyamin tanpa mencari Tuhan lebih dahulu dan akhirnya yang mereka lakukan adalah membunuh dan menculik milik orang lain, yang melanggar sepuluh perintah Allah.

Kita dapat bandingkan kehidupan Israel yang dipimpin Tuhan dengan kehidupan Israel yang tidak dipimpin oleh Tuhan. Kita dapat melihat dengan jelas bahwa saat mereka tidak mencari Tuhan dan tidak dipimpin oleh Tuhan, kehidupan mereka berantakan dan hancur. Bila kita melihat ke dalam kehidupan kita, bukankah hal yang sama juga terjadi? Dengan tidak adanya Tuhan di dalam kehidupan kita, segala yang kita lakukan dan lalui itu lebih berantakan, hancur dan tidak ada damai atau sukacita. Tetapi bila kita berjalan dengan Tuhan, mencari kehendak dan jalan-Nya, maka walaupun masih ada masalah, kita dapat menanganinya dengan hikmat yang datang dari Tuhan dan kita ada damai dan sukacita di hati kita.

Oleh sebab itu, kehidupan orang Israel mengingatkan kita semua untuk selalu berjalan dengan dipimpin oleh Tuhan Yesus Kristus dan bukan berjalan dengan hikmat atau kekuatan kita sendiri. Maka dari itu, marilah kita terus mencari Tuhan, menyerahkan kehidupan kita setiap harinya.


English:

Bible Reading: Judges 21

After the Israelites defeated Benjamin because of their wicked deed, they felt sad because there are no more women in the tribe of Benjamin, and Israelites has sworn an oath to never give their daughters to men of Benjamin. Because of that, Israelites felt sad for them, because if there are no women, how can Benjamin continue the new generation? The heart of the Israelites at that time was with good intentions, but they did not seek the Lord for answers and way out. Israelites sworn an oath and thought of ways to find wives for the men of Benjamin without seeking the Lord first and in the end what they dud was kill and take what belong to others, which is defying the ten commandments of God.

We can compare the lives of Israelites that was led by the Lord with when they were not led by the Lord. We can see clearly that when they did not seek the Lord and was not led by the Lord, their lives were all a mess and broken. If we look at our lives, didn't the same thing also happened? When there is no God in our lives, all that we do and go through are a mess, broken and there is no peace or joy. But if we walk with the Lord, seeking His will and ways, even though we still have problems, we can handle it with the wisdom that comes from the Lord and we have peace and joy in our hearts.

Therefore, the lives of the Israelites reminds us to always walk and led by the Lord Jesus Christ and not with our own wisdom or strength. So, let us keep on seeking the Lord, surrendering our lives every day.

No comments:

Post a Comment