Thursday, September 22, 2011

Tetap Berlaku Benar | Still Doing The Right Thing

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Samuel 19-20

Kisah persahabatan antara Daud dan Yonatan sangatlah indah.Kedua-duanya saling mengasihi melebihi saudaranya sendiri dan kedua-duanya berjalan di dalam kebenaran Tuhan. Ketika Saul ingin membunuh Daud, Yonatan berupaya sebisanya agar Saul tidak membunuh Daud sampai-sampai nyawanya sendiripun terancam. Yonatanpun melakukan sebisanya agar Daud juga dapat lepas dan lari dari Saul yang ingin membunuhnya. Walaupun Yonatan sangat mengasihi Daud dan walaupun Saul bersalah, tetapi Yonatan mengerti akan kebenaran Tuhan dan ia tidak melanggarnya. Yonatan membantu Daud sebisanya agar tidak dibunuh oleh Saul, tetapi Yonatan juga tidak berdosa di hadapan Tuhan dengan tidak melawan dan memberontak kepada Saul yang adalah ayahnya dan raja yang diurapi. Yonatan mengerti bahwa walaupun Saul salah, tetapi ia tetap harus mengikuti Firman Tuhan dan menghormati ayahnya. Inilah yang patut kita tiru.

Dalam kehidupan kita, mungkin kita menghadapi hal yang sama seperti Yonatan, yakni di mana mungkin pemimpin atau orang tua kita melakukan hal yang salah, atau memaksa kita melakukan hal yang salah di mata Tuhan. Kita perlu belajar seperti Yonatan dan biarlah kita minta hikmat daripada Roh Kudus untuk mengatasi hal-hal itu. Mari kita belajar untuk tetap melakukan apa yang benar di mata Tuhan, tetapi juga tetap menghormati orang tua dan pemimpin kita yang Tuhan telah taruh di atas kita sebagai naungan kita. Lakukanlah bagian kita sebisanya untuk membawa pemimpin dan orang tua kita melihat hal yang benar. Marilah kita berdoa dan meminta kepada Roh Kudus untuk memimpin dan memberikan kepada kita hikmat untuk mengatasi hal yang kita alami sehingga kita tetap melakukan kebenaran Tuhan dan tidak memberontak terhadap pemimpin atau orang tua kita.


English:

Bible Reading: 1Samuel 19-20

The friendship between David and Jonathan is beautiful. Both love each other more than their own brothers and both walks in the truth of the Lord. When Saul wanted to kill David, Jonathan did his best so that Saul would not kill David even to the extent that his life was also in danger. Jonathan did what he can so that David can run away from Saul who wants to kill him. Even though Jonathan loved David and even though Saul was wrong, but Jonathan still follows the truth of God and he did not disobeyed it. Jonathan helped David as much as he can so that he won't be killed by Saul, but Jonathan also did not sinned before the Lord by not going against or rebelling against Saul his father and anointed king. Jonathan understands that even though Saul was wrong, he still has to follow the Word of God and honour his father. This is what we should take example of.

In our lives, maybe we are facing the same thing like Jonathan, wherein maybe our leader or parents are doing the wrong thing or is forcing us to do the wrong thing before the Lord. We need to learn to be like Jonathan and let us ask for wisdom from the Holy Spirit to overcome these. Let us learn to keep on doing what is right before the Lord, but also honouring our parents and leaders whom the Lord has put over us to protect us. Do what we can to bring our leader or parents to see the right thing. Let us pray and ask the Holy Spirit to lead and give us the wisdom to handle the things we face so that we still are doing the right thing and do not rebel against our leader or parents.

No comments:

Post a Comment