Monday, September 19, 2011

Menghadapi Goliat | Facing Goliath

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Samuel 17

Sering di dalam kehidupan kita, kita menghadapi hal-hal yang sepertinya mustahil dan sulit, seperti yang Israel alami ketika menghadapi Goliat yang adalah seorang raksasa. Mungkin kita jadi takut dan gentar karena keadaan dan situasi yang menghadang kita untuk dapat maju dan menang. Mungkin juga bukan dalam kehidupan kita sendiri, tetapi di dalam komunitas kita, gereja kita, keluarga kita dan sebagainya. Tetapi, dari kejadian dengan Goliat ini, kita dapat melihat dan belajar bahwa jika Tuhan beserta kita, maka kemenangan itu sudah pasti. Yang diperlukan adalah seseorang yang memiliki hati seperti Daud.

Di saat lingkungan kita merasa kalah dan tertekan, justru kita perlu untuk menguatkan hati kita, percaya kepada Tuhan dan tetap berdiri teguh di dalam Tuhan seperti Daud. Karena Daud yang berani dan percaya bahwa Tuhan sanggup memberikan kemenangan, seluruh Israel menjadi semangat kembali ketika Goliat itu kalah. Yang perlu kita ketahui adalah bahwa Goliat di dalam kehidupan kita atau dilingkungan kita telah kalah oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Jadi, biarlah kita sadari bahwa kemenangan ada di pihak kita karena Tuhan ada di pihak kita. Biarlah kita percaya dan berdiri teguh di dalam Tuhan dan Firman-Nya apapun situasi dan kondisi yang kita hadapi. Dan bila sekitar kita merasa kalah seperti Israel, maka kita perlu untuk maju seperti Daud dan menyemangatkan mereka kembali, mengingatkan bahwa Tuhanlah yang empunya segalanya dan Tuhanlah yang pembela kita. Jadi, mari kita hidup selalu bersama Tuhan agar kita tetap kuat walaupun banyak Goliat-Goliat yang datang menghadang kita.


English:

Bible Reading: 1Samuel 17

Many times in our lives we face things that seems impossible or difficult, like what the Israelites experienced when they were facing Goliath who is a giant. Maybe we became afraid because of the circumstances or situation that hinders us to go forward and win. Maybe it is not in our own lives, but in our communities, our churches, our families and others. But from the incident with Goliath, we can see and learn that if God is with us, then victory is assured. What is needed is someone who has the heart like David.

When our surroundings feel defeated and oppressed, that's when we need to strengthen our hearts, believe in the Lord and still stand strong in the Lord like David. Because David who is courageous and believed that the Lord is able to give victory, the whole Israelites became strengthen again when Goliath was defeated. What we need to know is that the Goliath in our lives or our surroundings have been defeated by the death and the resurrection of the Lord Jesus Christ. So, let us realise that victory is on our side because the Lord is on our side. Let us believe and stand strong in the Lord and His Words no matter what the circumstances or situations we face. And if our surroundings feel defeated like the Israelites, then we need to step up like David and strengthen their hearts, reminding them that the Lord is the one who holds all things and the Lord is our defender. So, let us live our lives always with the Lord so that we may be strong even though there are many Goliaths that comes to hinder us.

No comments:

Post a Comment