Thursday, September 29, 2011

Pohon Yang Tidak Berbuah | The Unfruitful Tree

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 13

Tuhan Yesus mengajarkan dan menegur dengan keras ketika Ia memberikan perumpamaan tentang pohon ara yang tidak berbuah. Jika kita sebagai orang percaya yang telah menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai satu-satunya Tuhan dan Juru Selamat dan yang telah mendengarkan Firman sekian lama, tetapi hidup kita tidak pernah berubah, tidak ada pertobatan yang sungguh-sungguh dan tidak ada buah yang kelihatan, maka seperti pohon ara yang tidak berbuah ini, kita akan ditebang. Sebagai orang percaya yang telah lahir baru, tentunya kita akan tumbuh menjadi makin dewasa seperti layaknya seorang bayi yang baru lahir akan tumbuh menjadi dewasa dengan berselangnya waktu. Tetapi bila kita tidak berbuah dan tidak ada perubahan dalam kehidupan kita, maka kita seumpama seorang bayi yang tidak tumbuh-tumbuh dan terus menjadi seorang bayi, walaupun sudah bertahun-tahun diberi makan. Hal inilah yang Tuhan tidak ingin kita lakukan, yakni untuk hanya menerima Firman tetapi tidak pernah menjalaninya, menghidupinya, atau membagikannya. Sebab bila kita melakukan semua itu, kita pasti akan bertumbuh, berubah dan berbuah.

Maka dari itu marilah kita periksa kehidupan kita setiap harinya. Apakah kita hanya mendengarkan Firman dan menerima saja? Apakah kita ada keinginan untuk melakukan Firman tetapi pada akhirnya tetap tidak ada tindakannya? Ataukah kita mendengarkan, lalu menghidupi dan melakukannya? Marilah kita yang telah diberi makan terus menerus, hasilkan buah agar orang lain dapat menikmatinya. Marilah kita dengarkan, lakukan dan hidupi Firman Tuhan agar kita tidak menjadi pohon yang tidak berbuah atau bayi yang tidak pernah tumbuh-tuimbuh. Terpujilah Tuhan yang masih sayang kepada kita sehingga Ia masih mau menegur dan menasihati kita.

English:

Bible Reading: Luke 13

The Lord Jesus taught and rebuke harshly when He gave the illustration of the fig tree which never bear fruits. If we as believers who have received the Lord Jesus Christ as our only Lord and Saviour and have listened to the Word of God for a long time, but our lives have never changed, no true repentance and there is no apparent fruits, then like this fig tree, we will be cut down. As believers who have been new born again, of course we will grow to be more mature as the norm should be. But if have never bear any fruits and there is no change in our lives, then we are like a baby who stays as a baby though we've been fed for many years. This is what the Lord does not want us to do, that is to just receive the Word but never walk, live or share it. Because if we do all that, then we will definitely grow, change and be fruitful.

Therefore, let us check our lives everyday. Do we only listens to the Word of God and only receiving? Do we have the desire to do the Word of God but in the end there is no action? Or do we listen, then live in it and do it? Let us, who have been fed, bear fruits so that others may enjoy it. Let us listen, do and live the Word of God so that we won't be like the unfruitful tree or the baby who never grows. Blessed be the Lord who still loves us so much that He is still willing to rebuke and advises us.

No comments:

Post a Comment