Thursday, September 8, 2011

Melepaskan Untuk Menerima | Letting GoTo Receive

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Samuel 1-2

Hana telah hidup bertahun-tahun tanpa memiliki seorang anak dan ketika ia dengan sungguh-sungguh berdoa dan bernazar kepada Tuhan, Tuhan mendengarnya dan menjawab doanya sehingga ia melahirkan seorang anak laki-laki yakni Samuel. Tetapi yang tantangan yang Hana alami tidak berhenti di sana. Hana tetap harus memenuhi nazarnya kepada Tuhan, bahwa Samuel akan dipersembahkan kepada Tuhan untuk melayani Tuhan seumur hidupnya. Bayangkan diri kita di dalam situasi yang Hana hadapi. Sudah bertahun-tahun ia menunggu dapat melahirkan seorang anak, dan ketika ia mendapatkan apa yang ditunggu-tunggu, ia harus melepaskannya untuk Tuhan. Sungguh bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi Hana taat dan menepati nazarnya kepada Tuhan dan oleh karena itu, Tuhan memberkati Hana dan ia melahirkan lagi dan akhirnya ia memiliki tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan. Sungguh Tuhan itu luar biasa.

Terkadang, dalam kehidupan kita, untuk kita dapat lebih banyak diberkati dan lebih banyak melihat kuasa Tuhan di dalam kehidupan kita, ada hal-hal yang mungkin perlu kita lepaskan untuk Tuhan ambil alih, atau ada hal-hal yang perlu kita buang dari kehidupan kita. Seringkali, karena kita tidak rela membuang atau memberikannya kepada Tuhan, kita akan terus menerus mengalami kemandulan di dalam kehidupan kita. Jadi, bila kita mengalami kemandulan seperti Hana, marilah kita menghadap kepada Tuhan dan berdoa untuk meminta pimpinan akan hal apa yang Tuhan ingin kita lakukan agar hidup kita ini berbuah bagi Tuhan. Apapun yang Tuhan minta kita lepaskan atau buang, biarlah kita belajar untuk rela melepaskan sebab pada awalnya memang itupun bukan milik kita, tetapi dari Tuhan sendiri atau memang itu tidak berguna bagi kehidupan kita. Oleh sebab itu, marilah kita rela memberi agar kita dapat diberi lebih banyak lagi, rela membuang agar kita mendapatkan, rela dipangkas rantingnya agar kita berbuah lebat.


English:

Bible Reading: 1Samuel 1-2

Hannah has lived so many years without any child and when she prayed with her whole heart and made a vow to the Lord, the Lord heard it and answered her prayer so that she bore a son named Samuel. But the challenge did not stop there. Hannah still has to keep her vow to the Lord, that Samuel will be given to the Lord to serve the Lord his whole life. Imagine ourselves in Hannah's shoes. After so many years of struggling to have a child and when she has a child, she has to let him go for the Lord. This is not an easy thing to do. But Hannah obeyed and fulfilled her vow to the Lord and because of that, the Lord blessed Hannah and she bore children and had three sons and two daughters. Truly, the Lord is amazing.

Sometimes in our lives, to be able to be blessed more and to see more of His power in our lives, there are things that we may need to let go for the Lord to take control of, or there are things that we need to throw away from our lives. Many times, because we are not willing to throw it away or to give it to the Lord, we will keep on living in barrenness in our lives. So if we are experiencing barrenness like Hannah, let us come to the Lord and pray for guidance on the things that the Lord wants us to do so that our lives are fruitful for the Lord. Whatever it is that the Lord may asks of us to let go or to get rid of, let us be willing to let go because it was not ours to begin with but is from the Lord, or it is just not beneficial for our lives. Therefore. let us be willing to give so that we may be given more, willing to throw away so that we can receive, willing to be cut and trimmed so that we may be fruitful and in abundance.

No comments:

Post a Comment